Kompas TV video vod

Berita Duka! Ekonom Senior Sekaligus Politikus Faisal Basri Meninggal Dunia

Kompas.tv - 5 September 2024, 21:56 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rumah Faisal Basri di Kompleks Gudang Peluru, Tebet, Jakarta Selatan dipenuhi dengan ucapan duka. Satu per satu, para pelayat datang silih berganti.

Faisal Basri, seorang ekonom senior dari Universitas Indonesia (UI) meninggal dunia pada Kamis (5/9/2024) pagi.

Sebelumnya, Faisal menjalani perawatan jantung di Rumah Sakit Mayapada sejak Senin pekan ini, setelah melakukan kunjungan ke Dairi, Sumatera Utara.

Faisal Basri, yang nama aslinya adalah Faisal Batubara, dikenal sebagai ekonom senior UI yang kritis, khususnya terkait kebijakan pemerintah.

Selain berkiprah di bidang ekonomi, Faisal juga dikenal di bidang politik sebagai pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) pada tahun 1998 dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PAN.

Faisal juga turut mendirikan lembaga riset ekonomi INDEF dan aktif sebagai dosen di UI sejak tahun 1981. Selain itu, sejumlah penghargaan telah diterimanya, termasuk dalam bidang antikorupsi.

Faisal juga aktif dalam kampanye pengendalian tembakau di Indonesia, dengan kritik tajamnya bahwa cukai seharusnya digunakan sebagai alat kontrol konsumsi, bukan sebagai sumber pendapatan negara.

Sejumlah tokoh, seperti Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, melayat ke rumah duka. Menurut Luhut, meskipun terkadang memiliki perbedaan pendapat, ia selalu memperhitungkan analisis ekonomi dari Faisal Basri.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga ikut melayat ke rumah duka. Dalam unggahan di media sosialnya, Sri Mulyani mengenang perjalanan panjangnya bersama Faisal Basri dan mengunggah foto lama mereka.

Ia menekankan bahwa Faisal Basri adalah sahabat dan kawan lama sejak di Fakultas Ekonomi UI, serta dikenal sebagai sosok yang konsisten, jujur, tegas, dan bekerja sepenuh hati. Sepak terjang Faisal Basri yang kritis melalui pemikirannya yang tajam menunjukkan niatnya untuk memperbaiki Indonesia.

Baca Juga: Ekonom Senior Faisal Basri Meninggal Dunia Kamis Dini Hari, Jenazah Disemayamkan di Menteng Pulo

#faisalbasri




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x