Kompas TV video vod

Penampilan Jokowi dan Iriana Pakai Baju Adat Kustim saat Hadiri Upacara Kemerdekaan di IKN

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 12:49 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV  - Inilah gaya Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana ketika menghadiri Upacara Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Keduanya menggunakan pakaian adat Kustim dari Kalimantan Timur yang berwarna dasar hitam dan dipadukan dengan warna emas. 

Baju Kustim adalah salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutai Kartanegara. 

Istilah "Kustim" berasal dari kata "Kustin" yang berarti "kebesaran". Baju Kustim ini hanya digunakan oleh Aji Sultan dan para pangeran serta kakak perempuan Aji Sultan, isteri-isteri pangeran.

Baju ini dipergunakan sultan pada saat upacara penting pada masa Kesultanan Kutai Kartanegara dan pada saat upacara Erau sebagai upacara terbesar dan termegah yang diselenggarakan di Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Untuk pertama kalinya lokasi utama penyelenggaraan Upacara Kemerdekaan RI dilaksanakan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (16/8/2024). 

Baca Juga: Kompak! Gibran dan Jan Ethes Pakai Baju Adat Papua Hadiri HUT ke-79 RI di Istana Merdeka

#jokowi #iriana #ikn #hutri 
Editor thumbnail: Lisa




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x