Kompas TV video vod

Kisruh 18 Anggota Paskibraka Putri Lepas Hijab, BPIP Bantah Adanya Pemaksaan!

Kompas.tv - 15 Agustus 2024, 14:17 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Anggota Paskibraka 2024 menjadi perbincangan, pasalnya 18 anggota paskibraka nasional melepas hijab mereka saat pengukuhan di Istana Garuda IKN, 13 Agustus lalu.

Hal ini sontak menjadi sorotan soal dugaan adanya larangan memakai hijab bagi anggota paskibraka nasional dengan alasan keseragaman.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono menegaskan paskibraka putri yang beragama islam tetap bisa mengenakan hijab saat upacara peringatan HUT RI ke 79 di Ibu Kota Nusantara, 17 Agustus mendatang.

Heru memastikan beberapa anggota paskibraka putri juga terlihat mengenakan jilbab saat gladi bersih di IKN Nusantara pada Rabu (14/8/2024) pagi.

Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi pun merespons polemik 18 anggota paskibraka nasional yang melepaskan jilbab saat dikukuhkan Presiden Jokowi .

BPIP menjelaskan ada aturan yang tertuang pada surat keputusan kepala BPIP nomor 35 tahun 2024 tentang standar pakaian dan atribut sikap tampang paskibraka.

Meski 18 anggota paskibraka nasional putri melepas hijabnya saat pengukuhan di IKN, Selasa (13/8/2024) lalu, namun pihak keluarga tetap berharap  sang anak bisa tetap mengenakan hijabnya  di hari puncak peringatan HUT RI ke 79 pada 17 Agustus mendatang.

Baca Juga: Dirjen HAM Nilai Penyeragaman Lepas Jilbab Paskibraka 2024 Justru Tidak Sesuai Nilai Pancasila

#paskibraka #hutri #upacara #hijab




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x