Kompas TV video vod

Kegiatan Monitoring Evaluasi Penyelesaian Perkara Kasasi dan PK Secara Elektronik - MA NEWS

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 09:19 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANYUWANGI, KOMPAS.TV - Mahkamah Agung Republik Indonesia terus mengembangkan inovasi dalam proses hukum secara elektronik. Ketua Mahkamah Agung, M Syarifuddin memimpin langsung acara Monitoring dan Evaluasi Penyelesaian Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali Secara Elektronik di Banyuwangi, Jawa Timur.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan  diharapkan proses penyelesaian perkara dapat dilakukan dengan cepat dan efektif.

Hal ini juga diharapkan dapat mengurangi tumpukan kasus yang belum selesai serta memudahkan akses bagi para pencari keadilan.

Acara ini diikuti oleh pengadilan se-Keresidenan Besuki, puluhan peserta dengan seksama mendengarkan arahan langsung dari Ketua MA.

Peserta yang hadir juga diberikan pelatihan mengenai cara menggunakan sistem elektronik dengan benar dan teliti.

Inovasi ini telah dilakukan sejak 3 bulan terakhir. Hasilnya sudah ada ribuan berkas tekirim dengan cepat, namun Mahkamah Agung RI terus berupaya memperbaiki kualitas sistem hingga Sumber Daya Manusia.

Tak hanya ini, Mahkamah Agung terus melakukan sosialisasi dengan berbagai platfrom agar penyelesaian perkara kasasi dan peninjauan kembali secara elektronik bisa di dijalankan seluruh pengadilan di tanah air.

Baca Juga: PTUN Surabaya Buka Layanan di Mal Pelayanan Publik Siola - MA NEWS

#manews #pengadilan #elektronik #seminar




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x