Kompas TV video vod

Viral! Dinsos Pemkab Cirebon Klarifikasi soal Nama Aplikasi SIPEPEK

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 16:22 WIB
Penulis : Natasha Ancely

CIRBEON, KOMPAS.TV - Sebuah aplikasi Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Jawa Barat bernama "SIPEPEK" viral di media sosial. Nama SIPEPEK disoroti karena memiliki konotasi negatif.

Namun, dinas sosial menyebut penggunaan nama "pepek" merupakan wujud kearifan lokal bahasa daerah yang memiliki arti "komplit" yakni komplit dalam memenuhi kesejahteraan warga.

Nama tersebut kemudian digunakan menjadi sebuah aplikasi online milik dinas sosial menjadi "SIPEPEK" dengan kepanjangannya “Sistem Informasi Administrasi Bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial”

Dengan aplikasi ini, seluruh masyarakat dapat mengakses dengan mudah. Bahkan aplikasi yang melayani tiga program utama kini melayani lebih dari 20 program yang berkaitan dengan masalah kesejahteraan sosial.

Kadinsos Pembak Cirebon Indra Fitriani menyampaikan, semangat penggunakan kata SIPEPEK adalah wujud pelestarian bahasa daerah yang merupakan kearifan lokal dan juga kemudahan pelayanan di era digital. Hal itu disampaikan kepada wartawan di Kantor Dinsos Kabupaten Cirebon (11/07/24).

Seluruh pelayanan berbasis online dan tidak lagi menggunakan kertas dan berkas berkas yang berlembar lembar.

Indra menyadari nama SIPEPEK belakangan viral dan menjadi pembahasan banyak pihak. Sebagian beralasan, nama tersebut memiliki konotasi negatif di beberapa daerah lain.

Dengan ini, dirinya menerima masukan dari banyak pihak. tim Dinas Sosial juga akan berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah dan juga PJ Bupati Kabupaten Cirebon terkait hal yang sedang dibicarakan banyak pihak.

Baca Juga: Golkar Sodorkan Nama Jusuf Hamka Dampingi Kaesang di Pilkada Jakarta

#cirebon #sipepek #aplikasi

Editor: Jo
Produser: Ancely




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x