Kompas TV video vod

Ketua MA Muhammad Syarifudin Buka Program Pendidikan Calon Hakim Terpadu - MA NEWS

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 12:11 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BOGOR, KOMPAS.TV - Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifudin membuka Pendidikan Calon Hakim Terpadu di Mahkamah Agung Corporate University, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ratusan siswa calon hakim Peradilan Umum, Peradilan Agama dan Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer ini menghadiri pembukaan itu.

Total ada sekitar 1500 orang siswa yang akan dibagi dalam 3 gelombang pendidikan. Pada gelombang pertama ini ada 462 calon hakim yang mengikuti pendidikan.

Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung menyatakan dengan program ini diharapkan terbentuk calon hakim cerdas dan berintegritas, serta memahami betul tugas pokok hakim, panitera, juru sita, administrasi dan lain-lain.

Sementara Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifudin mengatakan calon hakim muda ini bisa menjadi penegak hukum yang berintegritas di tengah dunia yang semakin modern.

Dengan adanya pendidikan calon hakim ini diharapkan bisa menambah jumlah hakim di Indonesia. Karena dengan bertambahnya pengadilan baru, kebutuhan hakim memang sangat tinggi. Apalagi setiap tahunnya ada 300 hakim yang berhenti bertugas dengan berbagai macam alasan.

Baca Juga: Puluhan Hakim dan Panitera Mengikuti Bimtek di Lingkup Badilmiltun MA - MA NEWS

#manews #calonhakim #mahkamahagung
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x