Kompas TV TALKSHOW rosi

Sebagian Besar Anggota DPR Muda Terafiliasi Dinasti Politik, Ketua PBNU: Mengesalkan | ROSI

Kompas.tv - 5 Oktober 2024, 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagian besar anggota parlemen muda yang terpilih pada periode 2024-2029 terafiliasi dinasti politik. Ketua PBNU Ulil Abshar Abdalla melihat situasi ini sebagai sesuatu yang mengesalkan. 

Gus Ulil menganalogikan perilaku masyarakat seperti konsumen yang memilih suatu produk bukan semata-mata karena rasanya enak, melainkan merk tersebut yang melekat di benaknya, karena terus menerus diiklankan. 

“Jadi faktor popularitas, keterkenalan menjadi sangat penting. Dan kalau seseorang sudah dikenal, potensi dia untuk dipilih kan besar sekali. Tidak hanya dirinya yang dikenal, tetapi siapa keluarga di belakangnya,” katanya. 

Publik menaruh harapan besar terhadap anggota DPR terpilih periode 2024-2029. Survei litbang Kompas menunjukkan 51% berharap DPR bisa mendengar aspirasi masyarakat. Gus Ulil Abshar mengatakan bisa jadi tingginya harapan ini relevan dengan peristiwa demo tolak revisi UU Pilkada pada 22 Agustus 2024 lalu. 

“Jangan-jangan publik berpikir bahwa DPR masih bisa dikontrol oleh suara publik. Harapan ini semoga bisa dipenuhi anggota DPR yang baru dilantik,” katanya. 

 

Selengkapnya saksikan di youtube KompasTV. 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x