Kompas TV TALKSHOW livi on point

[FULL] Koalisi Raksasa Bersatu Dukung Prabowo, Siapa Bacawapresnya? | Livi On Point

Kompas.tv - 29 Agustus 2023, 15:10 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada Minggu, 13 Agustus 2023 partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah mendeklarasikan mendukung kepada Bacapres Gerindra yaitu Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang.

Gabungnya Golkar-Pan dengan Gerindra-PKB dinilai menjadi satu koalisi raksasa. Bahkan dianggap dapat mengalahkan suara dukungan masyarakat ke Bacapres PDI-P Ganjar Pranowo dan Bacapres NasDem Anies Baswedan di Pilpres 2024. Apakah dengan ini kemenangan Prabowo jadi Presiden sudah di depan mata? Lalu bagaimana sikap partai pengusung dan Bacapres Ganjar dan Anies melihat 4 partai pendukung pemerintah ini bersatu?

Tonton Juga: [FULL] Kritikan Pedas Rocky Gerung ke Jokowi Jadi Bola Panas | Livi On Point

Empat partai pendukung Prabowo di Pilpres 2024 ini sebelumnya tergabung dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan koalisi Indonesia Bersatu (KIB) setelah bergabung menjadi koalisi partai terbanyak. Koalisi raksasa ini merupakan partai-partai pendukung pemerintahan Presiden Jokowi, Jika semangat yang dibawa adalah melanjutkan program Jokowi tentu sama dengan semangat Bacapres Ganjar Pranowo. Tetapi kenapa pilihannya jatuh ke Prabowo? Lalu, apakah secara hitung-hitungan sosok Ganjar tidak sesuai dengan arah politik partai-partai ini?

Baca Juga: Marak Penjagalan Anies, Ternyata Akibat Digembosi Internal? | Livi On Point

Menteri Perdagangan sekaligus Ketum PAN, Zulkifli Hasan secara blak-blakan menjelaskan alasan kenapa akhirnya PAN memilih arah dukungan ke Prabowo. Meski pada tahun 2014 dan 2019 lalu partai ini pernah kalah dalam Pilpres saat usung Prabowo dirinya optimis Pilpres 2024 adalah kemenangannya. Tapi, bukankah sebelumnya PAN sudah bertemu Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri? Apakah kesepakatan atau pembagian kursi tidak sesuai?

Meskipun Golkar-Pan bergabung dalam satu koalisi, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tetap ngotot ingin jadi cawapres Prabowo. Kira-kira akan sealot apa perebutan kursi tahta Cawapres, Jika masing-masing punya jagoan nya masing-masing?

Tonton Juga: [FULL] Siasat Sandiaga Uno Cawapres Terkuat Ganjar Pranowo? | Livi On Point

Tidak hanya membahas soal Pilpres Livi On Point juga mengupas permasalahan perdagangan Indonesia. mengingat meningkatnya pola perdagangan daring hingga jelang tahun politik apakah revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2022 bisa menjawab permasalahan yang ada?

Saksikan selengkapnya Livi On Point episode “Gerindra-PKB-Golkar-PAN Berkoialisi, Siapa Bacawapres Prabowo?” tayang hanya di KompasTV.

Video Editor: Novaltri



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x