Kompas TV saintek teknologi

Rumor iPhone Flip: Apple Bakal Luncurkan Dua Perangkat Lipat pada 2026

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 08:10 WIB
rumor-iphone-flip-apple-bakal-luncurkan-dua-perangkat-lipat-pada-2026
Logo perusahaan Apple Inc. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

CUPERTINO, KOMPAS.TV - Raksasa teknologi Apple dikabarkan akan memasuki pasar perangkat lipat dengan dua produk yang dijadwalkan rilis pada tahun 2026 mendatang. Informasi ini datang dari analis Apple di Haitong Securities Jeff Pu yang membocorkan rencana perusahaan kepada kliennya.

Menurut laporan terbaru sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Apple sedang mengembangkan dua perangkat lipat yang berbeda.

Pertama adalah iPhone lipat dengan desain clamshell, yang diberi kode internal V68. Perangkat ini diperkirakan akan menjadi pesaing langsung untuk ponsel-ponsel lipat Android yang sudah ada di pasaran.

Perangkat kedua yang sedang dikembangkan Apple adalah gawai dengan layar internal berukuran 20,3 inci saat dibuka penuh. Perangkat ini akan ditenagai oleh chip M5, tetapi masih belum jelas apakah akan dipasarkan sebagai iPad lipat atau Mac hybrid.

Baca Juga: Super Canggih! Review Apple Vision Pro, Intip Spek dan Harganya | Fomotech #1

Meski kedua perangkat ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2026, tampaknya Apple akan merilis iPad atau Mac hybrid duluan, tepatnya pada kuartal kedua tahun tersebut. Sementara itu, peluncuran iPhone flip kemungkinan akan sedikit tertunda karena adanya kekhawatiran mengenai daya tahan layar.

Untuk mengatasi masalah ini, Apple dilaporkan telah menjalin kerja sama dengan Samsung sebagai pemasok layar untuk perangkat lipatnya.

Kerjasama ini diumumkan pada Mei 2024. Selain itu, Apple juga telah mengajukan paten untuk panel layar lipat yang diklaim memiliki ketahanan daya yang baik. Panel ini dirancang lebih tebal di sudut tepinya dan meruncing ke bawah di area lipatan.

Sebelumnya, pada awal tahun 2024, beredar informasi bahwa Apple sedang menyiapkan dua prototipe iPhone lipat. Satu model mirip dengan Galaxy Z Fold, sementara yang lain mengadopsi desain clamshell seperti Galaxy Z Flip.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa Apple tampaknya lebih condong untuk memasarkan produk iPhone Flip, mengikuti tren ponsel lipat yang sedang berkembang pesat.

Baca Juga: Cerita Jokowi Dikunjungi CEO Apple-Microsoft, Prihatin Indonesia Cuma Jadi Pasar Teknologi




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x