Kompas TV saintek teknologi

Pengembangan Komputer Kuantum IBM, Bangun Ekosistem Lebih Luas

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 13:08 WIB
pengembangan-komputer-kuantum-ibm-bangun-ekosistem-lebih-luas
Head of IBM Quantum Japan Hanhee Paik. (Sumber: Fadhil Al Birra/Kompas.tv)
Penulis : Fadhilah | Editor : Desy Afrianti

KOMPAS.TV - IBM memainkan peran penting dalam memajukan teknologi komputer kuantum atau quantum computing melalui inovasi yang berkelanjutan, kolaborasi global, hingga komitmen terhadap pendidikan.

Raksasa teknologi ini terus mendorong batas-batas komputasi kuantum dan membuka peluang baru bagi praktisi di berbagai bidang.

Pada awal Juni 2024 lalu, Kompas.tv bersama sejumlah media Asia Tenggara berkesempatan melihat langsung model IBM Quantum Computing di Jepang.

Hadir pada acara tersebut Vice President for Quantum Growth and Market Development IBM Japan Joseph S. Broz dan Head of IBM Quantum Japan Hanhee Paik.

Baca Juga: Mengenal Komputer Kuantum IBM: Teknologi Masa Depan yang Revolusioner

Salah satu yang menjadi sorotan yakni pengembangan komputasi kuantum yang dilakukan IBM. Perusahaan ini telah menetapkan roadmap yang jelas dan ambisius untuk pengembangan teknologi komputer kuantum.

Hanhee Paik mengungkapkan, perkembangan komputer kuantum IBM terus menunjukkan tren positif. “Target roadmap yang telah direncanakan berhasil dicapai,” katanya.

Dia lantas menerangkan perkembangan IBM dalam merancang komputasi kuantum yang lebih maju hingga dapat menggaet ekosistem yang lebih luas.

Berawal pada 2016-2019, IBM membangun quantum experience, yakni platform cloud pertama yang memungkinkan publik untuk mengakses dan bereksperimen dengan komputer kuantum.

"Ini adalah langkah awal yang signifikan dalam membuat teknologi kuantum dapat diakses oleh peneliti dan pengembang di seluruh dunia," kata Hanhee.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x