Kompas TV religi beranda islami

Empat Amalan Mustajab di Hari Jumat, Bisa Dilakukan Dimana Saja

Kompas.tv - 5 Juli 2024, 07:51 WIB
empat-amalan-mustajab-di-hari-jumat-bisa-dilakukan-dimana-saja
KompasTV menghadirkan program Teman Sedekah Subuh sebagai upaya menyebarkan kebaikan dari masyarakat mapan bagi mereka yang membutuhkan. (Sumber: Dok. KompasTV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jumat sering disebut penghulunya hari (Sayyidul Ayyam). Karena itu di hari jumat dianjurkan memperbanyak amalan. Ada empat amalan yang bisa dilakukan di hari jumat. Amalan kecil dan ringan, serta bisa dilakukan di mana saja. Keutamaan amalan-amalan ini begitu banyak, selain berpahala besar juga merupakan sarana mendapatkan berkah dari-Nya.

Amalan ini bisa dilakukan di mana saja. Bahkan bisa dilakukan sambil di perjalanan  lewat ponsel atau sambil bekerja.

Amalan ini juga tidak terlalu rumit, bahkan bisa dikatakan amalan kecil, tapi pahalanya besar.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jumatan Bareng Jokowi di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jan Ethes Ikut

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jumat adalah sebaik-baik hari kala mentari terbit. Nabi Adam diciptakan pada hari Jumat. Demikian pula ketika dimasukkan dan dikeluarkan dari surga. Dan tidak akan terjadi hari kiamat, kecuali pada hari Jumat,” (HR Muslim).

Pertama, pada hari jumat, bisa mengisinya dengan baca Alquran, dan dianjurkan membaca Surat Al-Kahfi.

Jika tidak bawa mushaf Alquran, bisa kok dengan membawa digital atau bahkan sekadar mendengarkan. Namun begitu, lebih baik tetap dengan membacanya secara langsung.

Nah, baiknya memperbanyak baca surat Al-Kahfi. Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Alqurandan di dalamnya terdapat kisah masyhur Ashabul Kahfi.

Nabi Muhammad bersabda,“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR An-Nasa’i dan Baihaqi)  

Kedua, memperbanyak selawat Nabi.  Perbanyaklah mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad dengang ragam salam kepadanya. Selawat ini bisa juga dibaca dalam hati.

Baca Juga: 3 Zikir dan Doa Setelah Salat Tahajud untuk Memohon agar Dikabulkan Allah SWT

Ketiga, Memperbanyak zikir, meskipun dalam hati
Zikir juga merupakan amalan ringan yang bisa kamu lakukan saat jumat tiba atau sebelum jumat. Zikir ini hal kecil, tapi bisa berpahala besar.


Keempat, Sedekah. Pada hari jumat, sedekah sangat dianjurkan. Bahkan menjadi kebiasaan Nabi Muhammad ketika jumat tiba, beliau memperbanyak sedekah.

Toh, sedekah tidak akan membuat kita jadi miskin, justru sebaliknya menjadikan rezeki kita berlipatganda.

Semoga Allah memberikan keberkahan dalam hidup kita di hari jumat yang penuh keberkahan tersebut. Amin. Wallahu a'lam.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x