Kompas TV religi beranda islami

Bagaimana Hukum Membeli Hewan Kurban dengan Berutang? Begini Penjelasannya

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 05:35 WIB
bagaimana-hukum-membeli-hewan-kurban-dengan-berutang-begini-penjelasannya
Rindy, salah satu sales promotion girl (SPG) yang menjual hewan kurban di Godegan, Tamantirto, Kabupaten Bantul, sedang memberi makan kambing jualannya, Rabu (29/5/2024). (Sumber: Kompas.TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Iduladha, yang dikenal juga sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu perayaan penting dalam kalender Islam.

Iduladha tidak hanya memperingati kisah kesetiaan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS, tetapi juga menegaskan pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama, terutama melalui ibadah kurban.

Berkurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan oleh manusia pada hari nahar yang lebih dicintai oleh Allah daripada menyembelih hewan kurban." (HR Tirmidzi). 

Keutamaan lain dari berkurban adalah sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan Allah. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran Surah Al-Kautsar ayat 2, "Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah."

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Penipuan Penjualan Hewan Kurban Lewat Online

Selain itu, kurban merupakan sarana untuk membersihkan harta, seperti yang dijelaskan dalam hadis riwayat Ahmad, "Harta yang dikeluarkan untuk berkurban adalah harta yang paling dekat dengan Allah."

Ibadah kurban juga memiliki dimensi sosial yang kuat. Daging hewan kurban dibagikan kepada fakir miskin dan mereka yang membutuhkan, sehingga memperkuat ikatan sosial dan menumbuhkan rasa saling peduli di antara sesama muslim. 

Rasulullah SAW menekankan pentingnya berbagi daging kurban. Beliau bersabda, "Bersedekahlah dengan daging kurban, karena sesungguhnya itu adalah sedekah yang diterima oleh Allah." (HR Ahmad). 

Dengan berbagai keutamaan tersebut, banyak yang berusaha untuk membeli hewan kurban setiap tahun.

Lantas, bolehkah membeli hewan kurban dengan berutang?

Baca Juga: Beli Hewan Kurban Dapat Makan Gratis Olahan Daging Domba

Hukum Membeli Hewan Kurban dengan Berutang

Berkurban, salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam saat Hari Raya Iduladha, memiliki landasan hukum yang kuat dalam ajaran Islam. 

Namun, dilansir laman NU Online, berkurban tidaklah diwajibkan kepada setiap individu, melainkan disunahkan bagi mereka yang mampu. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x