Kompas TV religi beranda islami

7 Keutamaan Bulan Zulhijah, Puasa Tarwiyah dan Arafah 2024, Dikabulkan Doa dan Diampuni Dosa 1 Tahun

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 05:30 WIB
7-keutamaan-bulan-zulhijah-puasa-tarwiyah-dan-arafah-2024-dikabulkan-doa-dan-diampuni-dosa-1-tahun
Ilutrasi. Keutamaan bulan Zulhijah, puasa Arafah dan Tarwiyah 2024 (Sumber: mohamed_hasan/pixabay)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bulan Zulhijah memiliki keutamaan istimewa pada 10 hari pertamanya. Adapun 1 Zulhijah 1445 Hijriah akan jatuh pada besok, Sabtu (8/6/2024).

Imam Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Fathul Bari menjelaskan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah pada 10 hari pertama bulan Zulhijah.

“Dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada amal ibadah yang lebih utama selain yang dikerjakan pada sepuluh hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama dari bulan Dzulhijjah)”. Para sahabat bertanya: “Apakah sekalipun jihad di jalan Allah?”. Rasulullah saw menjawab: “Sekalipun dari jihad. Kecuali seseorang yang keluar untuk berjihad dengan diri dan hartanya, lalu tidak ada sedikitpun yang pulang dari padanya.”

Dikutip dari muhammadiyah.or.id, pada hari-hari tersebut, kaum Muslimin di seluruh dunia diajak untuk memperbanyak puasa sunah.

Baca Juga: Niat Puasa 1-9 Zulhijah 2024, Tarwiyah dan Arafah, Bisakah Digabung dengan Qada Ramadan?

Terutama pada tanggal 8 Zulhijah yang disebut puasa Tarwiyah dan 9 Zulhijah atau puasa Arafah.

Hal ini ditegaskan dalam hadis: “dari Hunaidah ibn Khalid, dari istrinya, dari salah seorang istri Nabi saw (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Adalah Rasulullah saw melakukan puasa pada sembilan hari bulan Zulhijah, hari Asyura, tiga hari setiap bulan, dan hari Senin dan Kamis pertama setiap bulan [HR Ahmad dan Abu Dawud).

Anjuran untuk berpuasa pada tanggal 9 Zulhijah bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

Keutamaan Bulan Zulhijah, Puasa Tarwiyah dan Arafah

1. Amalan yang Dicintai Allah SWT

Tidak hanya puasa, memperbanyak amal saleh di sepuluh hari pertama bulan Zulhijah juga sangat dianjurkan.

Melansir baznas.go.id, keutamaan mengamalkan ibadah di bulan Zulhijah disebutkan dalam hadits yang berasal dari Ibnu Umar Ra.

Rasulullah Saw bersabda: "Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya dari pada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah)." (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir).

Baca Juga: Kemenag Jadwalkan Pelaksanaan Sidang Isbat awal Zulhijah Sore Ini, Diawali Pemantauan Hilal

2. Seperti Puasa 2 Tahun

Puasa Tarwiyah dan Arafah merupakan puasa yang dilakukan pada hari ke-8 dan 9 bulan Zulhijah. Adapun keutamaan dari puasa Tarwiyah ini tercantum dalam sebuah hadits, berikut ini:

"Barang siapa berpuasa 10 hari, maka untuk setiap harinya seperti puasa sebulan. Dan, untuk puasa pada hari Tarwiyah seperti puasa setahun, sedangkan untuk puasa hari Arafah seperti puasa dua tahun." (HR. Ali Al-Muairi, At-Thibbi, Abu Sholeh, dan Ibnu Abbas).

3. Diampuni Dosa 1 Tahun

Keutamaan puasa Arafah selain mendapat ganjaran puasa dua tahun juga akan diampuni dosanya selama setahun. Rasulullah Saw bersabda:



Sumber : nu.or.id, muhammadiyah.or.id, baznas.go.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x