Kompas TV religi beranda islami

Suhu di Mekkah Capai 46 Derajat Celcius, Calon Haji Indonesia Diimbau Lakukan Umrah Wajib pada Malam

Kompas.tv - 5 Juni 2024, 16:05 WIB
suhu-di-mekkah-capai-46-derajat-celcius-calon-haji-indonesia-diimbau-lakukan-umrah-wajib-pada-malam
Ilustrasi. Suasana di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi, saat tengah malam hingga dinihari dipadati para jemaah dari berbagai penjuru dunia untuk menjalankan umrah sebagai bagian dari prosesi ibadah haji, pada Jumat (31/5/2024). (Sumber: Kompas/Evy Rachmawati)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Tito Dirhantoro

MEKKAH, KOMPAS.TV - Menjelang puncak haji di Armuzna, suhu udara di Kota Mekkah, Arab Saudi, mencapai 46 derajat Celsius. Cuaca ekstrem ini berpotensi menyebabkan dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya seperti demensia. 

Oleh karena itu, para jemaah diimbau untuk tidak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Para calon haji asal Indonesia yang baru tiba di Mekkahdisarankan untuk melakukan umrah wajib pada malam hari.

Sementara itu, bagi yang sudah menyelesaikan umrah, diimbau untuk tidak melakukan umrah sunnah secara terus-menerus agar tidak kelelahan dan jatuh sakit.

Fokus utama jemaah haji adalah menjaga kesehatan dan mempersiapkan fisik untuk menyambut puncak haji di Armuzna yang semakin dekat.

Baca Juga: Muhammadiyah Tarik Dananya dari BSI, Begini Tanggapan Pihak Bank Syariah Indonesia

Bagi jemaah yang terpaksa harus keluar di siang hari, disarankan untuk membawa payung, penutup kepala, kacamata hitam, masker, botol minum, semprotan air, dan menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Selain itu, jemaah juga diimbau untuk minum air putih setiap satu jam sekali. Tidak perlu menunggu sampai haus, guna mencegah dehidrasi. 

"Mengingat cuaca yang panas, kami imbau jemaah untuk selalu membawa payung, kemudian membawa air minum, agar tidak dehidrasi, dan selalu menghindari sengatan langsung dari matahari," kata Khalilurrahman, Kepala Daerah Kerja Mekkah PPIH Arab Saudi kepada Kompas.tv, Rabu (5/6/2024).

"Jika ingin keluar dianjurkan pada malam hari serta dalam kondisi sehat. Kemudian ketika bepergian dianjurkan selalu membawa gelang identitas."

Selain iitu, penggunaan oralit dalam air minum juga disarankan, agar tubuh tetap bugar.

Menurut Khalilurrahman, saat ini jumlah jemaah haji yang telah tiba di Kota Mekkah mencapai 179 ribu orang dari 464 kloter. Hari ini, dijadwalkan ada tambahan 2.300 jemaah dari 6 kloter yang akan tiba di Mekkah.

Sebagai informasi, kota Mekkah semakin padat oleh jemaah haji dari berbagai negara. Pihak Masjidil Haram telah membagikan air minum gratis kepada para jemaah yang masuk maupun keluar dari masjid.

Baca Juga: Total Ada 170 Ribu Jemaah Haji Indonesia Sudah Masuk Mekkah



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x