Kompas TV religi beranda islami

MUI Jabar Imbau Warga Salat Gaib untuk Pencarian Eril, Berikut Tata Cara dan Doanya

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 13:39 WIB
mui-jabar-imbau-warga-salat-gaib-untuk-pencarian-eril-berikut-tata-cara-dan-doanya
Petugas melakukan pencarian Emmeril Khan Mumtaz anak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Sungai Aare, Bern, Swiss. MUI (Sumber: KBRI Bern)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan tata cara Salat Gaib dilengkap dengan doa yang bisa dilakukan oleh umat Islam sebagai salah satu upaya dalam proses pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Hal ini sebagaimana anjuran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat yang mengimbau untuk menggelar salat gaib terkait dengan pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

"Kalau memang belum ada kepastian hingga enam hari ini, sebaiknya bisa dilaksanakan shalat gaib. Itu tuntunannya," kata Sekretaris MUI Provinsi Jawa Barat Rafani Akhyar di Bandung dikutip dari Antara pada Kamis (2/6/2022).

Menurut Rafani Akhyar, anjuran tersebut berdasarkan kondisi proses pencarian Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss oleh tim SAR yang hingga saat ini belum membuahkan hasil.

Sementara proses pencarian saat ini sudah memasuki hari keenam sejak Emmeril dilaporkan hilang pada Kamis (26/5).

Rafani mengatakan, salat gaib dilakukan bukan mendahului nasib dari Eril yang belum mendapatkan titik terang, tetapi hal itu bagian dari ikhtiar dan menolong Emmeril.

"Untuk menolong yang bersangkutan dari sisi keagamaan kita bisa segerakan salat gaib. Ini sesuai tuntunan agama. Salat gaib ini kan mendoakan," ujarnya.

Dia mengatakan, MUI Jawa Barat sejak awal sudah memberikan imbauan resmi pada warga dan MUI tingkat kabupaten/kota untuk menggelar doa bersama agar Eril segera ditemukan dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga dalam keadaan selamat.

Baca Juga: Pejabat Tinggi Swiss Temui Ridwan Kamil, Bahas Prioritas Utama Pencarian Eril

Tata Cara Salat Gaib

Tata cara Salat Gaib sebenarnya sama dengan salat jenazah. Hukumnya juga sama, yakni Fardhu Kifayah. Berikut langkah dan niat salat gaib, dilengkapi doa salat gaib. 

Bacaan Niat Salat Ghaib

bacaan niat salat gaib (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Usholli alalmayyiti (tati-perempuan) alghooibi arba’a takbiroti fardhol kifayati (makmuman) lillahi ta’ala




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x