Kompas TV regional berita daerah

Anies Baswedan: Ulang Tahun Jakarta Hari Ini Dirayakan dalam Suasana Berbeda

Kompas.tv - 22 Juni 2020, 10:49 WIB
anies-baswedan-ulang-tahun-jakarta-hari-ini-dirayakan-dalam-suasana-berbeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) saat menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-493 di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020). (Sumber: (ANTARA/HO-ppid.jakarta.go.id))
Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-493 hari ini (22/6/2020) dengan suasana berbeda karena pandemi Covid-19.

"Ulang tahun Jakarta hari ini dirayakan dalam suasana berbeda, Jakarta Indonesia, bahkan seluruh dunia tengah mengalami cobaan pandemi COVID-19," kata Anies dalam sambutannya di Balai Kota seperti dikutip dari ANTARA.

Gubernur Anies prihatin Jakarta menjadi episenter pertama penyebaran virus corona, namun mulai dapat dikendalikan saat ini.

Baca Juga: Popularitas Anies Baswedan Tangani Corona Capai 64 Persen, Alasannya?

Anies pun mengungkapkan pandemi saat ini bukan pertama kalinya terjadi menimpa Jakarta. 

Wabah Flu Spanyol pernah melanda dunia termasuk ibu kota Jakarta seabad lalu atau tahun 1918.

"Saat itu kita bisa melewatinya. Kota ini telah melewati berbagai tantangan bencana dan cobaan silih berganti, bencana alam, krisis kesehatan, krisis ekonomi, krisis sosial telah dialami. Tapi, setiap menghadapi krisis, Jakarta selalu mampu menghadapinya," ujar Anies.

Menurut Anies, saat ini dunia dan masyarakat Indonesia menjadi generasi yang diberi tantangan melawan “musuh” tak terlihat, yakni virus menular tanpa melihat latar belakang yang tertular.

"Dan kini dengan izin Allah dan secara bersama-sama kita akan kembali membuktikan bahwa Jakarta akan mampu melewati cobaan besar ini," ucap Anies.

Baca Juga: Tempat Wisata Jakarta Dibuka, Bagaimana Protokolnya?

Anies Baswedan menyatakan pembangunan kota memang tertunda, tapi penyelamatan warga harus bertambah biarpun pertemuan fisik antarwarga berkurang namun solidaritas semakin berkembang.

"Ekonomi boleh mengalami kontraksi, tapi tekad kita jelas, Jakarta akan kembali berdiri," tegas Anies.

Anies mengatakan saat ini masyarakat Jakarta harus bersatu. Para tenaga medis, guru, petugas keamanan, pekerja, tokoh agama, dan seluruh lapisan masyarakat bisa memberikan pemahaman kepada warga.

Gubernur DKI Jakarta itu menyebut warga Jakarta punya kedisipilinan cukup tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Anies pun mengajak seluruh masyarakat Jakarta meneruskan serta memenangkan perjuangan melawan Covid-19 untuk menjadikan warga ibu kota semakin baik dan sehat.

Baca Juga: Gugus Tugas Kritik CFD Jakarta, Ingatkan Physical Distancing

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x