Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tanamkan Jiwa Antikorupsi Lewat Deklarasi Sekolah Jujur Sekolah Saya

Kompas.tv - 28 Oktober 2024, 14:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS TV - Pemahaman anti korupsi pada anak usia dini, ditanamkan oleh pihak Sekolah Dasar (SD) Negeri Sendangmulyo 04 Kota Semarang, dengan mengajak siswa senam bersama. Selain orang tua siswa, guru, komite sekolah, serta beberapa pemangku wilayah, juga turut dalam penandatanganan deklarasi anti korupsi.

Dalam peluncuran sekolah anti korupsi yang dilakukan SD Negeri Sendangmulyo 04 Kota Semarang, pihak sekolah juga meluncurkan Program Sekolah Jujur Sekolah Saya, melalui aplikasi bang angsa atau Bangga Anggaran Terlaksana dan Terbaca. Kepala SD Negeri 04 Sendangmulyo mengaku, komitmen jujur yang ditanamkan pada anak usia dini ini, sebagai langkah untuk mengedukasi pentingnya kejujuran dalam kehidupan.

“Memang di Program Sekolah Jujur Sekolah Saya, sekolah diminta untuk menyampaikan program yang mencerminkan kejujuran, kita memilih program dengan nama Bang Angsa. Dengan filosofi, disatu sisi kita lihat angsa itu putih dan jernih, sehingga mencerminkan kejujuran,” jelas Rosmaji, Kepala SD Negeri 04 Sendangmulyo.

“Sedangkan di sisi lain, bang angsa adalah singkatan dari Bangga Anggaran Terlaksana dan Terbaca. Anggaran BOS kita sering dipantau oleh masyarakat dan media, jadi kita meluncurkan anggaran pake scan barcode,” tambahnya.

Dengan diluncurkannya aplikasi Bang Angsa, masyarakat bisa langsung membuka anggaran dana BOS yang tersalurkan melalui barcode tanpa ada rekayasa, atau penyelewengan dari pihak sekolah maupun komite sekolah.

#antikorupsi #kejujuran #semarang

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x