Kompas TV regional jawa tengah dan diy

33 Barista Adu Kemampuan Seduh Kopi di Pinggir Jalan

Kompas.tv - 25 Oktober 2024, 12:33 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 33 barista dari Kota Semarang maupun luar Kota Semarang, beradu kemampuan untuk menyeduh kopi pada kompetisi seduh kopi manual. Uniknya, kompetisi seduh manual ini dilakukan di pinggir jalan raya, yakni di depan sebuah kedai kopi di Jalan Gajah Mada Nomor 22, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kompetisi ini tak hanya bisa disaksikan oleh para peserta dan juri, namun juga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat umum yang mampir.

Para barista ini merupakan barista muda, yang belum pernah mengikuti ajang kompetisi barista sebelumnya. Dengan demikian, acara kompetisi seduh manual ini menjadi wadah para barista baru, dan barista rumahan untuk bisa beradu kemampuan dalam menyajikan seduhan kopi yang nikmat.

“Tujuan sebenarnya adalah supaya teme-temen barista belajar skil yang mereka punya mental buat di petaruhkan,” tutur Yusuf, Founder Ejaan Coffee House. 

Dengan lihai, para barista muda ini menyeduh biji kopi dengan cara seduh manual atau yang biasa disebut Manual Brew. Metode Manual Brew dengan teknik pour over atau V60 dipilih karena metode ini dikenal cukup unik, dan menggunakan alat yang terbilang sederhana, namun lumayan sulit untuk memunculkan karakter kopi yang enak dan sesuai.

Tak hanya bisa memunculkan rasa kopi yang enak, adapun beberapa kriteria juri untuk bisa dikategorikan sebagai seduhan kopi terbaik adalah berdasarkan aroma, rasa, kepekatan, keseimbangan rasa, tingkat keasaman, ketebalan kopi, dan rasa secara keseluruhan.

“Karena di manual brew tuh unik, banyak variable yang dinilai mulai dari aroma, after test terus balance, body dan terakhir over pour,” jelas Haryo.

Kompetisi seduh kopi manual ini rutin dilakukan oleh komunitas barista di Kota Semarang, sejak Oktober 2023 lalu. Tak hanya berdiam di satu tempat, namun kompetisi ini diadakan dengan cara berkeliling dari satu kedai kopi ke kedai kopi yang lain.

Selain sebagai ajang kompetisi, acara ini juga diharapkan dapat menjadi tempat untuk berdiskusi dan berbagi ilmu seputar dunia kopi, saling mengenal barista satu sama lain, dan silaturahmi antar kedai kopi yang ada di Kota Semarang.

#barista #semarang #kopi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x