Kompas TV regional papua maluku

KPU Provinsi Maluku Lintasi Gunung dan Sungai,Edukasi Pemilih di Pelosok Untuk Pilkada Tahun 2024

Kompas.tv - 20 Oktober 2024, 18:20 WIB
kpu-provinsi-maluku-lintasi-gunung-dan-sungai-edukasi-pemilih-di-pelosok-untuk-pilkada-tahun-2024
Ketua KPU Provinsi Maluku M. Shaddek Fuad bersama Tim Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam Pilkada Tahun 2024. saat berbaur bersama warga dusun usali .Jumat,18/10/2024 (Sumber: Dok.Kompas.com)
Penulis : KompasTV Ambon

MALUKU TENGAH, KOMPAS.TV – Demi memastikan seluruh warga, termasuk yang berada di wilayah terpencil, dapat terlibat aktif dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih ke Dusun Usali Negeri Hatumete  Kecamatan Tehoru, sebuah kawasan komunitas adat terpencil di pegunungan Maluku Tengah.Jumat (18/10/2024). Kegiatan ini tidak biasa, karena tim KPU harus menempuh perjalanan selama 6 jam lebih yang ditempu dengan berjalan kaki, melintasi sungai, hutan dan gunung,untuk mencapai lokasi tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan  akademisi IAIN Ambon Dr.A. Manaf Tubaka dan Dr. Syafruddin B. Layn, akademisi FISIP UNPATTI serta tokoh Pemuda Arman Kalean (Ketua KNPI Prov. Maluku). Menariknya kegiatan ini juga diwarnai dengan kehadiran seorang komedian, Rio Dumatubun, yang turut serta bersama Ketua KPU Provinsi Maluku dan KPU Kabupaten Maluku tengah dalam kegiatan tersebut guna memberikan edukasi kepada masyarakat dengan cara yang lebih ringan dan menghibur.

Perjalanan yang dimulai sejak pagi melibatkan tim KPU Provinsi,KPU Kabupaten Maluku tengah, PPK Tehoru, PPS sekecamatan Tehoru dan perangkat Negeri setempat. Mereka membelah hutan melewati jalur terjal dan menyeberangi sungai, sebelum akhirnya tiba di Dusun Usali menjelang siang. Setibanya di sana, tim KPU disambut oleh para tetua adat dan penduduk lokal yang antusias, terutama karena Kedatangan Ketua KPU Provinsi Maluku M. Shaddek Fuad bersama tim langsung dari kota Ambon Maluku.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya KPU Provinsi Maluku untuk menjangkau semua lapisan masyarakat, termasuk yang berada di daerah-daerah sulit akses.

"Kami tahu perjalanan ini tidaklah mudah, tapi bagi kami, ini penting. Kami ingin memastikan bahwa warga di dusun terpencil seperti Usali tahu pentingnya partisipasi aktif mereka serta bagaimana cara memberikan suara dan memahami pentingnya Pilkada baik pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Maluku Dan juga Pemilihan Bupati dan wakil Bupati di Maluku Tengah. Bagi kami, tidak ada tempat yang terlalu jauh untuk demokrasi. Kami akan datang, memastikan semua warga mendapat hak yang sama sebagai bukti komimen KPU melayani," tutup Ketua  KPU Provinsi Maluku.

Ketua KPU Provinsi Maluku M. Shaddek Fuad Saat Memberikan Pengarahan di Dusun Usali Kecamatan Tehoru. Jumat (18/10/2024). (Sumber: Dok.Kompas.com)

Tim KPU juga memberikan materi sosialisasi secara langsung kepada warga, termasuk cara menggunakan surat suara dan bagaimana prosedur di TPS. Mereka juga membagikan pamflet serta informasi penting lainnya mengenai tanggal pemilihan dan prosesnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Rio Dumatubun tampil menghibur sekaligus mengedukasi warga tentang pentingnya partisipasi aktif masyarakat. Dengan caranya yang jenaka, Rio berhasil mencairkan suasana dan menjelaskan betapa pentingnya hak suara setiap individu.

"Saya datang ke sini bukan hanya untuk melawak, tapi untuk memastikan bahwa bapak-bapak, ibu-ibu, semuanya, tidak melewatkan kesempatan ini. Suara katong samua penting, biar jauh di gunung, tetap harus kasih suara," kata Rio di sela-sela candaannya, disambut tawa warga.

Yoksan Mewakili Pemerintah negeri Hatumete Dusun usali sangat bersyukur dan berterima kasih karena Ketua KPU Provinsi Maluku dan tim bisa meluangkan waktu datang  menjangkau mereka yang ada di daerah terpencil di pegunungan yang sulit diakses

 "Kami sangat senang KPU datang ke sini. Walaupun kami di pegunungan, kami merasa diperhatikan. Apalagi dengan kehadiran Ketua KPU Provinsi Maluku bersama Tim yang membawa informasi tentang pilkada,meski kami tinggal jauh dari pesisir" ujar yoksan salah satu warga Usali.

Sosialisasi yang berlangsung selama beberapa jam ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan sosial perlengkapan alat tulis dan sembako kepada tokoh masyarakat dusun usali dan Tim KPU berharap, dengan kegiatan ini, partisipasi pemilih di daerah terpencil akan meningkat dan warga Usali dapat menggunakan hak pilih mereka dengan baik.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x