Kompas TV regional jawa barat

Wujudkan Program Unggulan Strategis Kampung BEDAS, DLH: Ini yang Dilakukan Pemkab Bandung dan Desa

Kompas.tv - 15 Oktober 2024, 11:53 WIB
wujudkan-program-unggulan-strategis-kampung-bedas-dlh-ini-yang-dilakukan-pemkab-bandung-dan-desa
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB.BANDUNG, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus meningkatkan sinergitas dengan pemerintahan desa dan kecamatan dalam penanganan/pengelolaan  sampah organik dan anorganik yang dihasilkan rumah tangga melalui inovasi desa. 

Untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah, DLH Kabupaten Bandung bersama Pemerintah Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin melaksanakan acara dengan tema "Penguatan Sosialisasi dan Edukasi Pilah Pilih Olah Sampah Organik dan Pemanfaatan Sampah Organik". 

Kegiatan Sobat LH Kreatif tersebut sudah digulirkan sejak Rabu (9/10/2024) lalu yang dilakukan secara berkesinambungan pada setiap harinya dalam pengelolaan sampah. 

Kegiatan yang dihadiri Pjs. Bupati Bandung Dikky Achmad Sidik diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah itu dilaksanakan di lokasi Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R)/Bank Sampah Induk Leuwihuut di RW 13 Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin.

Berdasarkan informasi dari DLH Kabupaten Bandung pada Selasa (15/10/2024) pagi, pengelolaan sampah itu dengan strategi penanganan sampah organik rumah tangga melalui media edukasi kontainer sampah organik rumah tangga. 

Tahap pertama diterapkan di 3 RW yaitu RW 3, 4, dan 5 Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin, untuk kemudian dikembangkan di setiap permukiman masyarakat. 

 

Kepala DLH Asep Kusumah sangat mengapresiasi sinergitas Kepala Desa Kopo yang mendukung program Pemkab Bandung melalui edukasi pilah pilih olah sampah organik dan pemanfaatan sampah organik. 

Pada saat itu, Kepala Desa Kopo  Entang Suryana, mendeklarasikan Desa Kopo, sebagai salah satu lokasi intervensi program unggulan Strategis Kampung BEDAS Desa, sebagai "Desa Mandiri Pengelolaan Sampah". Kampung BEDAS Desa ini adalah bagian dari upaya Bebenah Desa Sejahtera di Kabupaten Bandung, atas inisiasi DLH Kabupaten Bandung. 

Entang Suryana menuturkan, pengelolaan sampah di Desa Kopo didukung adanya 3 Bank Sampah, yaitu Bank Sampah di RW 09 dan RW 11, serta Bank Sampah Induk Leuwihuut. 

 

Untuk diketahui, katanya, Bank Sampah Induk Leuwihuut pada tahun 2023 dilengkapi dengan TPS3R yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bandung. 

"Bank Sampah Leuwihuut melayani 2.391 kepala keluarga, bahkan telah bekerja sama dengan rumah makan dan sekolah," katanya. 

Dijelaskannya, Bank Sampah di Desa Kopo menangani sampah organik maupun anorganik. 

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, 
bisa klink link di bawah: 
IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/
Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat
Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar
Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat
TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x