Kompas TV regional sulawesi

PLTS, Hadirkan Kehidupan Baru untuk Warga Pulau

Kompas.tv - 16 Oktober 2024, 14:34 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

PANGKEP, KOMPAS.TV - Warga di tiga pulau di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan kini dapat menikmati listrik 24 jam. Ini berkat inovasi dari PLN yang mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya alias PLTS. Hadirnya listrik pun membuat aktivitas warga dan perekonomian warga pulau perlahan mulai meningkat.

SD Negeri 40 Polewali di Pulau Polewali, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan ini, kini punya energi listrik baru. Sambutan hangat pun tersaji, setelah penantian panjang sekolah bisa menikmati listrik 24 jam.

Selama ini sekolah hanya mengandalkan aki atau listrik dari bantuan pemda. Namun, semuanya tak bisa bertahan lama dan tentu saja tak banyak membantu pembelajaran siswa. Namun, berkat bantuan super sun, pembangkit listrik tenaga surya, sekolah pun dapat aliran listrik nonstop. Pembelajaran dengan peralatan modern hingga pelaksanaan ujian bertaraf komputer bukan lagi hanya sekadar mimpi.

Tak hanya sekolah, PLTS dari PLN kini perlahan mulai mendongkrak aktivitas hidup warga. Perekonomian juga tak ketinggalan, perlahan mulai tumbuh. Program lain dari pemerintah pun siap disalurkan, demi mendukung kemajuan warga di pulau Polewali, salah satu pulau tiga tertinggal, terdepan dan juga terluar.  

Selain pulau Polewali, pemasangan PLTS juga dilakukan di Pulau Sapuli dan Pulau Saugi. Total ada 118 unit super sun yang dipasang di tiga wilayah ini. Ini adalah bentuk inovasi pembangkit listrik agar warga pulau juga bisa menikmati listrik seperti halnya di tempat yang lain. Selain itu, PLTS juga jauh lebih ramah lingkungan, lantaran tak menghasilkan emisi gas karbon. 

Pemasangan listrik hijau di sejumlah daerah 3T lainya masih akan terus dilakukan. Komitmen unutk menerangi seluruh negeri akan terus digenjot. Teknologi listrik hijau jadi salah satu solusi yang kini coba diwujudkan.

Kebutuhan listrik memang masih jadi pekerjaan rumah bagi sejumlah daerah yang sulit terjangkau. Namun, bukan berarti tak ada solusi. Inovasi dan teknologi bisa jadi kunci agar masyarakat bisa menikmati listrik untuk menopang kehidupan mereka jauh lebih baik.

 

#pembangkitlistrik

#kabupatenpangkep

#pembangkitlistrik




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x