Kompas TV regional jawa timur

Sempat Melonjak, Harga Cabai Turun Drastis

Kompas.tv - 2 Oktober 2024, 18:35 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Di Pasar Tradisional Bunulrejo Kota Malang, cabai rawit yang sebelumnya dijual Rp 80 ribu, kini turun menjadi Rp 35 ribu perkilogram. Bahkan untuk cabai besar harganya turun drastis menjadi Rp 20 ribu rupiah perkilogram dari harga sebelumnya Rp 75 hingga Rp 80 ribu per kilogram.

Nasir, salah  satu pedagang di pasar bunulrejo menyebut, turunnya harga cabai terjadi sejak sepekan terakhir. Melimpahnya pasokan cabai dari petani membuat harga cabai turun. Menurut nasir, saat ini banyak petani cabai sedang panen setelah pada beberapa waktu lalu petani banyak menanam cabai karena harga yang mahal.

Meski harga cabai murah, namun menurut pedagang  tidak berdampak bagus pada penjualan. Saat ini penjualan cabai cenderung turun. Hal tersebut berbeda dengan kondisi cabai mahal yang justru terserap pasar dengan baik.

"Habis mahal, nanam semua kayak tomat itu kan nanam semua, sekarang bareng-bareng panen murah," Kata Nasir.

Pedagang memperkirakan, anjloknya harga cabai ini tidak akan bertahan lama, karena saat memasuki musim hujan tanaman cabai biasanya akan rusak dan berakibat pada turunnya produksi cabai dan akan diikuti oleh naiknya harga.

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x