Kompas TV regional jawa tengah dan diy

750 Pelajar SMP-SMA di Semarang Ikuti Lomba PBB Piala Panglima TNI

Kompas.tv - 1 Oktober 2024, 14:14 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Lomba peraturan baris berbaris (PBB) tingkat SMP dan SMA se-Kota Semarang ini, digelar oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0733 Kota Semarang di Kampus Akpelni, dan mengambil tema “Dengan Semangat Prima, Kita Tingkatkan Prestasi Untuk Indonesia Maju.”

Lomba PBB ini diikuti oleh 750 siswa dari 23 SMP dan 22 SMA di Kota Semarang. Masing- masing sekolah diberi waktu untuk menampilkan kedisiplinan, dan kekompakan dalam baris- berbaris.

Komandan Kodim 0733 Kota Semarang, Letnan Kolonel Kav. Indarto menegaskan, lomba PBB ini merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh generasi muda, agar tertanam disiplin yang kuat, memiliki jiwa korsa, dan cinta NKRI.

Kegiatan ini juga untuk mencegah maraknya aksi tawuran pelajar di Kota Semarang. Dengan tertanamnya disiplin dan kekompakan, kerukunan serta saling peduli bersama pada generasi muda, diharapkan bisa mencegah hal-hal negatif.

“Sekarang ini, kita sering mendengar hal-hal negatif tentang Semarang. Rata-rata diviralkan seolah-seolah Semarang tidak nyaman dan tidak aman, dan rata-rata pelakunya anak-anak belum cukup umur,” ujar Letnan Kolonel Kav. Indarto.

“Salah satu sarana dengan peristiwa terkait melalui acara seperti ini, yang punya nilai positif, harapannya bisa mengurangi. Kalaupun seandainya anak-anak ini punya kegiatan rutin seperti ini, mungkin kegiatan aneh anak-anak akan berkurang,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Rayon Militer (Danramil) 06 Genuk, yang juga panitia pelaksana menegaskan, dalam perlombaan ini, ada beberapa kriteria penilaian selain disiplin juga kekompakan, sportivitas dan semangat.

“Teknis penilaian yang dilihat nanti adalah kekompakan, gerakan, aba-aba dari komandan, serta kebersamaan. Jadi, keserasian, kekompakan, dan keselarasan, itu yang dinilai dari tim Lomba PBB tingkat SLTP dan SLTA, dalam rangka HUT ke-79 TNI,” ujar Mayor Inf. Rahmatullah, Danramil 06 Genuk.

Lomba PBB memperebutkan Piala Panglima TNI ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI. Pemenang lomba tidak hanya mendapatkan piala, namun juga mendapatkan piagam penghargaan, serta uang pembinaan.

#semarang #huttni #lombapbb




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x