Kompas TV regional jabodetabek

Temuan Kerangka Terbungkus Kain Jarik di Tangerang Selatan, Polisi Masih Lakukan Identifikasi

Kompas.tv - 1 Oktober 2024, 09:48 WIB
temuan-kerangka-terbungkus-kain-jarik-di-tangerang-selatan-polisi-masih-lakukan-identifikasi
Kepolisian melakukan olah TKP terkait temuan kerangka yang menyerupai kerangka manusia di pinggir jalan tol KM 11+900, Rawa Buntu, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Minggu (29/9/2024). (Sumber: ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Polda Metro Jaya masih mengidentifikasi temuan kerangka diduga manusia yang terbungkus kain jarik di wilayah Tangerang Selatan, Banten. Kerangka tersebut ditemukan di tepi jalan tol KM 11+900, Rawa Buntu, Serpong, pada Minggu (29/9/2024) sore.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Ade Ary Syam Indradi, mengatakan,  barang bukti berupa tulang belulang dan kain telah dikumpulkan dan dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati. 

"Barang bukti tulang dan kain ini dikumpulkan lalu dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk dilakukan identifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) dan labfor Polri, " kata Ade dikutip dari Antara, Senin (30/9/2024).

Penemuan kerangka manusia tersebut terjadi pada sekitar pukul 16.30 WIB oleh seorang warga yang melintas. 

Di dalam kain jarik itu ditemukan bagian-bagian tulang yang menyerupai tempurung kepala, tulang kaki, tulang tangan, dan tulang rahang bawah.

"Ada warga yang menemukan benda berupa kain jarik. Kemudian, di dalamnya itu ada bagian tulang yang menyerupai tempurung kepala, tulang kaki, tulang tangan, dan tulang rahang gigi bawah," ungkapnya.

Baca Juga: Soal Temuan Kerangka Manusia di Pinggir Tol Serpong, Polisi: Masih Diperiksa Tim DVI dan Puslabfor

Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami asal-usul tulang tersebut. Pemeriksaan juga sudah dilakukan kepada dua saksi yang menemukan kerangka tersebut yaitu A (28) dan S (51).

Ade Ary menegaskan bahwa identifikasi ilmiah sangat penting dalam kasus ini untuk memastikan apakah kerangka tersebut benar merupakan tulang manusia atau bukan. 

"Kami memastikan dulu, ini tulang apa? Kan enggak boleh berandai-andai. Harus dilakukan identifikasi secara ilmiah oleh ahlinya oleh rekan-rekan DVI dan Labfor Polri, " ujarnya.

Sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan temuan kerangka ini sempat viral di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @media.tangselife pada Minggu (29/9), yang menjelaskan bahwa kerangka ditemukan oleh petugas kebersihan yang tengah membersihkan ruas jalan di sekitar Jalan Inspeksi menuju Stasiun Rawa Buntu.

Dalam video tersebut, tampak petugas kepolisian melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) setelah mendapatkan laporan dari warga. 

Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polda Metro Jaya juga diterjunkan untuk melakukan pemeriksaan di lokasi penemuan. 

Baca Juga: Masih Diselidiki Polisi, Ini Cerita Warga Temukan Kerangka Tulang di Pinggir Tol Serpong Tangsel


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x