Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Antisipasi Banjir di Permukiman, Warga Bersihkan Rumpun Bambu Longsor di Klaten

Kompas.tv - 30 September 2024, 16:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Petugas gabungan bersama sukarelawan dan warga bergotong-royong membersihkan dan memindahkan rumpun bambu yang longsor di Sungai Pusur, tepatnya di Desa Bulurejo, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Longsor yang terjadi karena terdampak hujan deras dan tergerus arus sungai. Rumpun bambu kemudian menutup aliran sungai dan mengakibatkan tumpukan sampah. Pemotongan rumpun bambu dilakukan untuk memperlancar aliran sungai.

Tidak hanya longsor, akses jalan alternatif antar kampung juga tergerus, sepanjang 50 meter dengan lebar 5 meter. Demi keselamatan warga, akses jalan alternatif antar kampung ditutup sementara untuk pengendara sepeda motor, karena kondisi tanah masih labil.

“Kalau tidak dievakuasi otomatis bila ada air hujan yang tinggi, bisa (menyebabkan) longsor. Yang membahayakan lagi, nanti apabila ada hujan yang tinggi, kampung akan tergenang banjir, karena sungai meluap,” ucap Nur Sangaji, perangkat desa.

“Di samping itu, sungai ini merupakan jalur irigasi untuk mengaliri sawah,” sambungnya.

Warga berharap dengan membersihkan rumpun bambu longsor ini, dapat mengantisipasi meluapnya air sungai saat hujan dan mencegah banjir di permukiman.

#longsor #hujan #klaten




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x