Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jangkar Putus, Perahu Nelayan Terbalik Satu ABK Selamat

Kompas.tv - 26 September 2024, 11:43 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Sempat terombang ambing di tengah lautan, satu ABK (Anak Buah Kapal) atas nama Tri Cahyono berhasil diselamatkan Tim SAR Satlinmas Wilayah Lima Pantai Glagah yang tiba dilokasi kejadian. Nelayan asal Pacitan ini berhasil dievakuasi dan langsung mendapatkan perawatan petugas.

Kejadian berawal saat Tri Cahyono tengah mencari ikan di Pantai Selatan Kulon Progo sejak Senin (23/9/2024) kemarin. Pada Selasa (24/09/2024) siang, jangkar yang ditambatkan korban tiba-tiba putus pada saat gelombang pasang tiba.

Di saat yang sama, mesin kapal justru bermasalah dan tidak berhasil dinyalakan oleh korban. Pada akhirnya, kapal karam saat dihantam gelombang tinggi. Di saat perahu terbalik, korban berhasil menggapai styrofoam lalu berusaha berenang ke pantai hingga akhirnya diselamatkan tim SAR.

“Mendapat laporan dari para pemancing bahwasanya di perairan selatan Garongan, Dusun satu ada perahu kendem. Kami koordinasi dengan polairud (kepolisian perairan dan udara) dan juga TNI AL merapat ke lokasi dan memang betul ditemukan perahu posisi sudah terbalik. Satu ABK alhamdulillah selamat. sempat terapung dan kita selamatkan. Kondisi korban baik-baik saja tanpa cidera,” tutur Aris Widyatmoko, Koordinator SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wil V Kulon Progo.

Usai diselamatkan, korban langsung dibawa untuk mendapatkan perawatan intensif. Akibat peristiwa tersebut, perahu korban mengalami kerusakan mesin, genset, alat tingkap hilang, serta kerusakan di beberapa bagian lain dengan kerugian mencapai 8 juta rupiah.

#kulonprogo #abk #perahukaram




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x