Kompas TV regional berita daerah
advertorial

PLN Peduli Dukung Kemajuan Usaha Lokal, Gandeng Rumah BUMN Kota Jambi

Kompas.tv - 20 September 2024, 21:35 WIB
pln-peduli-dukung-kemajuan-usaha-lokal-gandeng-rumah-bumn-kota-jambi
20 pelaku UMKM dari sektor makanan dan minuman antusias mendapatkan pemahaman mendalam terkait proses sertifikasi halal. (Sumber: Humas PLN UID S2JB)
Penulis : KompasTV Palembang

JAMBI, KOMPAS.TV - Sebagai bagian dari komitmen PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) dalam membina UMKM naik kelas melalui program PLN Peduli, PLN UID S2JB melalui Rumah BUMN Jambi berkolaborasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) mengadakan pelatihan perizinan halal gratis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi. Program ini bertujuan membantu UMKM lokal mendapatkan sertifikasi halal guna meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.

Acara pelatihan berlangsung pada Jumat (20/09/2024) di Rumah BUMN Jambi dengan menghadirkan pemateri ahli, Zuhratul Aulia dari BPJPH. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 20 pelaku UMKM dari sektor makanan dan minuman yang sangat antusias mendapatkan pemahaman mendalam terkait proses sertifikasi halal.

Selain mendapatkan materi mengenai regulasi dan proses sertifikasi halal, para peserta juga melaksanakan praktik langsung pembuatan akun SI HALAL untuk memulai pengajuan sertifikat. Yusrialy, pemilik UMKM RAN FOOD menyampaikan rasa puasnya dapat mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat membantu saya memahami proses sertifikasi halal yang sebelumnya terasa sulit. Saya mengikuti dengan antusias. Adanya penyampaian materi yang jelas dari Bu Zuhratul membuat saya merasa lebih siap untuk mengurus sertifikasi halal”.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menjelaskan bahwa pelatihan ini adalah bagian dari upaya PLN mendukung pengembangan UMKM melalui Program PLN Peduli.

“Kami di PLN sangat senang ditunjuk Kementerian BUMN untuk membina UMKM di Jambi melalui Rumah BUMN Jambi. Sertifikasi halal ini merupakan langkah penting bagi para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk mereka, membuka akses pasar yang lebih luas, serta meningkatkan daya saing. Program PLN Peduli terus berkomitmen membantu UMKM agar lebih berdaya dan mandiri,” ujar Adhi.

Program ini diharapkan tidak hanya membantu UMKM Jambi mendapatkan sertifikasi halal, tetapi juga memperkuat daya saing mereka di pasar nasional. Rumah BUMN Jambi, sebagai bagian dari inisiatif PLN Peduli, terus berkomitmen memberikan pendampingan dan pelatihan kepada UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

Dengan adanya pelatihan ini, UMKM diharapkan dapat lebih percaya diri dalam mengembangkan usahanya dengan produk yang terjamin kehalalannya, sekaligus berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi daerah.




Sumber : Kompas TV Palembang




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x