Kompas TV regional bali nusa tenggara

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Kolom Abu Mencapai 700 Meter

Kompas.tv - 19 September 2024, 19:36 WIB
gunung-lewotobi-laki-laki-erupsi-lagi-kolom-abu-mencapai-700-meter
Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, kembali meletus pada Jumat (15/6/2024) malam. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

FLORES TIMUR, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali mengalami erupsi signifikan pada Kamis (19/9/2024).

Peristiwa ini terjadi tepat pukul 18.08 WITA, menurut laporan yang disampaikan oleh Petugas Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-Laki, Herman Yosef S Mboro.

Erupsi tersebut menghasilkan kolom abu setinggi kurang lebih 700 meter dari puncak gunung. Dengan mempertimbangkan ketinggian gunung, kolom abu mencapai sekitar 2.284 meter di atas permukaan laut.

Fenomena alam ini menarik perhatian karena intensitas abunya yang tebal dan berwarna kelabu, dengan arah persebaran condong ke barat daya dan barat.

Data seismik yang terekam menunjukkan bahwa erupsi ini memiliki amplitudo maksimum 4,4 milimeter dengan durasi sekitar enam menit 33 detik.

Saat ini, status Gunung Lewotobi Laki-laki ditetapkan pada Level III atau Siaga. Penetapan status ini mengindikasikan adanya potensi bahaya yang perlu diwaspadai.

Baca Juga: Polisi Buru Pelaku Penganiayaan yang Cungkil Mata Korban di Gunung Putri Bogor

“Erupsi masih terjadi saat ini,” kata dia dikutip dari Antara.

Menanggapi situasi ini, pihak berwenang telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk menjaga keselamatan masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki.

Imbauan utama ditujukan kepada penduduk setempat, pengunjung, dan wisatawan agar tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius tiga kilometer dari pusat erupsi.

Khusus untuk sektor Timur Laut, zona larangan diperluas hingga lima kilometer dari pusat erupsi. Larangan ini diberlakukan mengingat potensi bahaya yang lebih tinggi di area tersebut.

Larangan aktivitas juga mencakup Gunung Lewotobi Perempuan yang berdekatan. Pengunjung dilarang beraktivitas dalam jarak empat kilometer ke arah Utara dan Timur Laut dari gunung tersebut.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x