Kompas TV regional jabodetabek

Kemacetan Panjang di Jalur Puncak Cianjur Berakhir Setelah Penerapan Sistem Satu Arah

Kompas.tv - 16 September 2024, 18:05 WIB
kemacetan-panjang-di-jalur-puncak-cianjur-berakhir-setelah-penerapan-sistem-satu-arah
Salah satu jalur alternatif via Pandansari Ciawi Bogor arah ke puncak Bogor, Minggu (15/9/2024) tampak padat merayap. (Sumber: TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Arus lalu lintas di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, kembali normal setelah mengalami kemacetan parah sejak Minggu (15/9/2024). Normalisasi arus lalu lintas ini terjadi setelah pihak kepolisian menerapkan sistem satu arah atau one way menuju Bogor atau Jakarta.

Sebagaimana dilaporkan Kompas.com, di kawasan Puncak Pass, Ciloto, Cianjur, pada Senin (16/9/2024) pukul 14.30 WIB, kondisi lalu lintas sudah ramai lancar dari kedua arah.

Meskipun demikian, sejumlah petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur masih bersiaga di perbatasan Cianjur-Bogor.

Kemacetan yang terjadi selama akhir pekan ini dipicu oleh peningkatan volume kendaraan wisatawan dari luar kota. Ummi (55), warga Kampung Puncak Pass, menjelaskan bahwa kondisi kemacetan kali ini tidak seperti akhir pekan pada umumnya.

"Mungkin karena akhir pekannya bertepatan dengan libur Maulid, jadinya panjang dan wisatawan pada berdatangan ke sini," ujarnya.

Ummi menambahkan bahwa sepanjang malam sebelumnya, kendaraan dari arah Cianjur menuju Bogor nyaris tidak bergerak. Situasi ini bahkan menyebabkan beberapa pengendara terpaksa menggelar tikar di rest area karena kendaraan tidak dapat melaju sama sekali.

Baca Juga: Macet Lebih dari 12 Jam di Puncak, Kendaraan Terjebak di Arah Jalur Wisata Gunung Mas

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana memastikan bahwa antrean kendaraan dari arah Puncak menuju Bogor atau Jakarta telah terurai setelah pemberlakuan sistem satu arah.

"Saat ini kendaraan dari arah Puncak sudah terakomodir, dalam arti semua sudah mengalir ke arah Jakarta," kata Anjar dikutip dari Kompas.com.

AKP Anjar menjelaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Polres Bogor dalam menangani peningkatan volume kendaraan di Jalur Puncak.

"Tadi pagi masih ada sisa-sisa volume kendaraan kepadatan hari kemarin, namun demikian pihak dari Polres Bogor sudah melaksanakan one way sehingga ekor atau antrean yang ada di wilayah Cianjur sudah ketarik," ucapnya.

Meskipun kondisi lalu lintas sudah kembali normal, pihak kepolisian tetap mengimbau para pengendara untuk tetap waspada dan mematuhi aturan lalu lintas.

Hal ini penting mengingat masih adanya potensi peningkatan volume kendaraan di jalur Puncak Cianjur, terutama menjelang berakhirnya masa libur panjang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x