Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Meriahkan Festival Kota Lama, Siswa SMA Tampilkan Tembang Jawa

Kompas.tv - 16 September 2024, 15:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dengan diiringi musik Jawa, dua vokalis dari SMA Kebon Dalem Kota Semarang, tengah melantunkan “Gambang Semarang.” Mereka tampil memukau dihadapan ratusan penonton dalam Event Folklore Festival Kota Lama.

Ada tiga lagu yang dibawakan siswa-siswi SMA Kebon Dalem yaitu “Gambang Semarang,” “Gado-gado Semarang,” dan “Bersuka Ria.” Selain vokalis, aksi keren juga terlihat dari penampilan para pemain musik. Mereka terlihat lihai memainkan musik gamelan Jawa yang dipadukan dengan alat musik modern.

Kepala SMA Kebon Dalem Kota Semarang, Hilarion Murti Nugroho menegaskan, aksi siswa ini sebagai bentuk nguri-uri budaya. Meski mereka terlahir di zaman modern, namun harus mencintai kebudayaannya.

“Ini adalah menampilkan “Gambang Semarang,” yang kemungkinan menampilkan tiga lagu. Kemudian, ini adalah kolaborasi dengan Gambang Semarang Art Company (GSAC) sebagai pelatih dan juga bagian dari kami untuk mengembangkan nguri-uri budaya,” ujar Nugroho.

“Nanti juga akan ada lawak-lawak yang akan mengisi dan menghibur dari temen-temen yang ada di sini,” tambahnya.

Tujuan dari keikutsertaan siswa dalam Event Folklore Festival Kota Lama, agar mereka lebih percaya diri dan lebih profesional dalam bermain musik tradisional modern ini.

#semarang #festivalkotalama #smakebondalem




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x