Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tingkatkan Minat Baca Siswa Lewat Gerakan Semarang Membaca

Kompas.tv - 16 September 2024, 15:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Gerakan 'Semarang Membaca' diadakan oleh SD Hajah Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca di kalangan pelajar. Selain perpustakaan sekolah, pada gerakan ini juga dihadirkan perpustakaan keliling dimana siswa bebas memilih buku yang akan dibacanya.

Selain buku pelajaran, di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan keliling juga menyajikan buku bacaan umum dan buku cerita.

Kepala SD Hajah Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang, Sri Lestari, menegaskan gerakan 'Semarang Membaca' untuk menumbuhkan literasi siswa agar mereka berwawasan lebih luas. Gerakan ini juga bertujuan untuk melatih siswa lebih kritis dan dapat melek literasi dengan baik.

“Ini adalah sebuah gerakan yang digagas oleh dinas kearsipan dan perpustakaan (Arpus) bersama Pemerintah Kota Semarang, dalam rangka menumbuhkan budaya literasi siswa. Bagaimana siswa bisa mengolah dan menganalisis informasi-informasi yang diperoleh,” ujar Sri.

Dari bacaan yang dibacanya, siswa ini dapat menjadi melek literasi, siswa juga bisa mengambil keputusan yang tepat, dan mengambil pesan moral dari apa yang dibacanya,” imbuhnya.

“Walaupun sekarang sudah era digital, tetapi kita harus tetap baca buku karena mudah dipahami, dicerna, dan saya sendiri membaca buku pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan lain-lain,” ujar Riska, siswi SD Hajah Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang.

Di SD Hajah Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang, telah menyediakan Perpustakaan Pandanaran yang berada di lorong sekolah yang mudah di jangkau siswa. Tidak hanya itu, tetapi juga sekolah menyediakan barcode buku perpustakaan, untuk memudahkan siswa membaca dan memilih buku melalui ponselnya.

#semarang #semarangmembaca #sdhajahisriati




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x