Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sambut HUT ke-79, TNI Bersihkan Makam Syuhada

Kompas.tv - 13 September 2024, 13:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kegiatan sosial di Makam Syuhada digelar anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 06 Genuk Kodim 0733 Kota Semarang. Para anggota TNI mempercantik kembali area makam dengan mengecat ulang pembatas dan dinding-dinding makam dari kalangan ulama, kiai, dan santri yang berlokasi di Kampung Bugen Tlogosari Kulon, Kota Semarang.

Aksi sosial ini sebagai bentuk penghormatan anggota TNI kepada para pejuang yang rela berjuang dan mengorbankan diri melawan Belanda demi kemerdekaan. Kegiatan sosial ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI.

Bentuk penghormatan dan apresiasi, yakni anggota TNI bersama pihak kelurahan setempat bekerja sama untuk merawat dan mempertahankan rumah yang dulu pernah di berondong pasukan Belanda. Peristiwa tersebut mengakibatkan 74 pejuang kemerdekaan gugur dalam pertempuran pada tahun 1946.

Baca Juga: Salurkan BLT DBHCHT, Mbak Ita Berharap Bisa Tingkatkan Kesejahteraan

“Pejuang-pejuang dari Genuk mungkin tidak tahu orang tua kita siapa dan pernah bergabung di sini. Makanya kami ingin mengangkat, memberikan apresiasi, dan memberikan apa yang bisa kami buat untuk mereka-mereka yang sudah mendahului kami,” ujar Mayor Inf Rahmatullah, Danramil 06 Genuk Semarang.

“Artinya, tanpa mereka juga, kami tidak akan bisa menikmati kemerdekaan ini dan membangun bangunan. Dalam rangka HUT TNI Ke-79 tahun 2024, kami dengan ikhlas bisa berbakti kepada negara lewat pejuang-pejuang kami dahulu,” tambahnya.

“Pahlawan di sini dulu sudah tidak bisa apa-apa karena sudah dikepung. Mau tidak mau, dia hanya punya semangat. Saya lebih baik mati syuhada daripada hidup konyol dari para pejuang itu,” ujar H. Mustakhim, Pengurus Makam Syuhada.

Selain bersih-bersih dan mempercantik kawasan Makam Syuhada, anggota TNI Koramil 06 Genuk Kodim 0733 Kota Semarang, sejumlah veteran, pihak Kelurahan Tlogosari Kulon, serta karang taruna, melakukan ziarah dan menggelar doa bersama di Makam Syuhada.

#semarang #huttnike79 #tni




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x