Kompas TV regional sulawesi

Tradisi Lomba Perahu Sampan Layar

Kompas.tv - 12 September 2024, 11:33 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BARRU, KOMPAS.TV - Untuk mengembangkan potensi wisata bahari. warga di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, menggelar balapan sampan layar. Lomba tahunan ini kembali di gelar dan selalu mampu menarik minat warga.

Warga desa Lapakaka, Kecamatan Malusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan kembali menggelar pesta rakyat. Namun pesta rakyak warga bukan makan bersama atau hajatan melainkan lomba perahu sampan berlayar.

Para peserta lomba wajib menggunakan sampan tradisonal yang di beri layar. Lomba ini pun di gelar di pantai Selayang Pandang, salah satu lokasi wisata desa setempat.

Untuk bisa menang, para peserta lomba wajib menempuh jarak tertentu sebelum akhirnya sampai di garis finis. Kemampuan memanfatakan hembusan angin dan juga kemahiran mengemudi kapal, jadi salah satu kunci dalam perlombaan ini.

Lomba sampan menggunakan layar ini digelar warga setempat untu mengangkat potensi wisata bahari. Mereka menggunakan sampan berlayar, lantaran sebagian besar warga yang berada di daerah itu berasal dari suku mandar, salah satu suku di Sulawesi Barat.



#lombaperahu
#perahulayar
#mandar




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x