Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Tingkatkan Skill, Ratusan Operator SPBU Ikuti Pelatihan Penanganan Darurat

Kompas.tv - 12 September 2024, 17:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - operator SPBU ditingkatkan keterampilan dan wawasannya dalam Training Of Trainers (ToT) batch satu dan dua Sales Area (SA) Semarang. Pelatihan ini digelar rutin delapan hingga sepuluh kali sebagai bentuk tanggung jawab Pertamina dalam meningkatkan kesiapsiagaan darurat pada setiap SPBU.

Selain pelayanan kepada konsumen, materi pelatihan juga berupa penanganan potensi bahaya yang ada di SPBU. Oleh karena itu, juga dilakukan praktek penanganan kebakaran secara langsung menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Hingga saat ini, sudah ada sekitar 120 orang yang telah mengikuti pelatihan.

Nantinya perwakilan setiap SPBU yang hadir dalam pelatihan diharapkan bisa menularkan ilmu keterampilan dan wawasan yang didapat selama pelatihan kepada rekan-rekannya.

“Pelatihan ini diadakan secara rutin sebagai bentuk tanggung jawab Pertamina dalam meningkatkan kesiapsiagaan tanggap darurat masing-masing SPBU. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun kurang lebih delapan sampai sepuluh batch,” tutur Rifandi, Officer II HSE Marketing Support Pertamina RJBT (Regional Jawa Bagian Tengah)

“Materi yang  dilatihkan selain pelayanan terhadap konsumen juga berkaitan dengan potensi-potensi bahaya yang ada di SPBU. Untuk menambah pengalaman para operator, dilakukan praktek langsung APAR dengan api,” imbuhnya.

Peserta pelatihan mengaku adanya pelatihan ini sangat bermanfaat. Tidak hanya menambah pengalaman, namun juga skill khusus bagi petugas SPBU.

“Kita pemadaman api pakai APAR. Sebenarnya tidak susah karena sudah berkali-kali mengikuti training ini,” ucap Nur Afif Elvan, erwakilan SPBU Mlonggo Jepara.

“Kita bekerja di bidang bahan bakar jadi harus punya skill-skill khusus. Pelatihan seperti ini itu perlu,” kata Vivit Mei Susanti, perwakilan SPBU Kradenan Grobogan.

Pelatihan yang diberikan Instruktur HSS Support RJBT berupa penggunaan APAR serta keselamatan kerja. Sejumlah APD (Alat Pelindung Diri) yang harus digunakan petugas saat terjadi kebakaran yakni helm keselamatan, sepatu, seragam pemadam kebakaran serta sejumlah kelengkapan lainnya.

#pertamina #spbu #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x