Kompas TV regional berita daerah

Cegah Virus Mpox, BKK Kelas 1 Gorontalo Pasang Deteksi Suhu Badan di Bandara Djalaludin

Kompas.tv - 11 September 2024, 17:15 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Balai Kekarantinaan Kesehatan kelas satu Gorontalo dua pekan terakhir telah memasang Thermal Scanner di terminal kedatangan Bandara Djalaludin Gorontalo. alat ini dipasang untuk mendeteksi suhu badan penumpang  yang tiba di bandara. 

Jika ada penumpang yang terdeteksi suhu badan tinggi atau diatas 37,5 keatas, akan dilakukan observasi di Klinik Balai Kekarantinaan Kesehatan kelas satu di Bandara Djalaludin.

Observasi ini dilakukan, untuk mendeteksi  apakah penumpang tersebut terinveksi Virus Mpox atau cacar monyet.

Jika dalam observasi dicurigai penumpang terinveksi Virus Mpox,   petugas  bkk akan menindaklanjuti dengan  berkoordinasi dengan pemerintah atau dinas kesehatan setempat serta rumah, untuk dilakukan isolasi dan penanganan lebih lanjut.  

Mpox, atau cacar monyet adalah virus yang ditandai dengan bintik bernanah di bagian kulit. Mpox dapat menular dari orang ke orang, tetapi sumber utama penyakit ini dari hewan pengerat serta primata seperti tikus, monyet atau tupai yang terinfeksi.

Baca Juga: Antisipasi Gangguan Kamtib di Dalam Lapas Pohuwato, Tim Gabungan Geledah Kamar Hunian Warga Binaan

Penyakit cacar monyet memiliki gejala atau ciri serupa  dengan cacar air yaitu  bintik berair yang muncul di wajah, dada, pada bagian badan  serta dalam hidung dan mulut.

Gejala yang ditimbulkan penderita cacar monyet adalah, akan muncul 5 sampai 21 hari sejak terinfeksi. Penderita mengalami sakit kepala berat, demam tinggi, nyeri otot, sakit pinggang serta tubuh terasa lemas dan menggigil.

Per 17 Agustus 2024 tercatat sudah ada 88 kasus ditemukan di Indonesia.

 

#virusmpox

#cacarmonyet

#bandaradjalaludin

#gorontalo

#thermalscaner

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x