Kompas TV regional sulawesi

Warga Tandu Bidan Sakit Sejauh Puluhan Kilometer

Kompas.tv - 11 September 2024, 10:45 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

 

POLMAN, KOMPAS.TV - Seorang bidan desa yang mengalami sakit terpaksa ditandu sejauh puluhan kilometer menuju rumah sakit di Polewali Madnar, Sualwesi Barat. Hal ini terpaksa di lakukan warga lantaran akses jalan rusak parah.

                              

Warga di desa Besoangin, Polewali Mandar, Sulawesi Barat terpaksa memandu bidan desa yang tengah sakit, ke rumah sakit. Warga tak punya pilihan, akses jalan yang buruk, membuat warga terpaksa berjibaku bergotong royong menyelamatkan sang bidan.

Jarak yang di tempuh pun tak dekat, sekitar 23 kilometer dari desa. Bidan yang bertugas di Desa Ratte ini alami paralysis periodic hypokalemia atau kelumpuhan otot sementara, dan harus mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Warga harus menempuh perjalanan selama 5 jam dengan melewati jalan rusak dan terjal hingga menyebrangi 3 sungai, sebelum akhirnya tiba di Desa Lembongan Kabupaten Majene, untuk selanjutnya dibawa menggunakan mobil menuju rumah sakit umum daerah Polewali Mandar.

Saat ini bidan safrani, telah menjalani perawatan medis di rumah sakit Hajja Andi Depu Polewali, dengan kondisi kesehatan yang sudah mulai membaik.

Perjuangan warga besoangin dan sekitarnya ini sejatinya bukan kali ini terjadi. Akses jalan yang tak pernah tersentuh perbaikan, membuat warga tak punya pilihan, harus mengambil langkah tak biasa demi bisa menyelamatkan nyawa.

#gotongroyong

#desaratte

#rumahsakitpolman




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x