Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Melihat Lebih Dekat Pendidikan Skadik 402 Lanud Adi Soemarmo

Kompas.tv - 9 September 2024, 12:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV -  Dengan mengenakan pakaian dinas lengkap loreng khas TNI dan helm baja, ratusan calon prajurit bintara TNI Angkatan Udara angkatan 53 ini, menyebrangi Kali Pepe di kompleks Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali , Jawa Tengah, Rabu siang.

Satu persatu siswa menceburkan diri ke sungai melakukan teknik penyebrangan basah dan renang ponco. Latihan itu didampingi sejumlah pelatih berpengalaman yang selalu memberikan arahan, selain itu, tak jauh dari lokasi latihan disiagakan sebuah perahu karet.

Teknik penyebrangan basah dan renang ponco sendiri merupakan salah satu materi kurikulum wajib yang harus dikuasai calon bintara TNI AU. Sebab, merupakan salah satu teknik bila menghadapi rintangan sungai. Prajurit TNI AU mampu dan wajib menguasai teknik tersebut.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI, Bambang Juniar Djatmiko, menjelaskan, Skadik 402 memiliki tugas mendidik prajurit siswa menjadi bintara angkatan udara. Siswa dalam Skadik ini bersumber dari pendidikan umum atau lulusan SMA/sederajat, dan siswa dari prajurit TNI AU yang berasal dari Tamtama.

Para siswa Skadik 402 tersebut akan dididik selama lima bulan. Nantinya akan menjadi bintara yang akan memelihara alutsista di level taktis di skadron batalyon maupun di satuan TNI AU lainnya.

“Skadik 402 memiliki tugas untuk mendidik bintara angkatan udara. Sumbernya yang kita dapat dari SMA namanya Semaba (sekolah pertama bintara), dan ada juga dari prajurit TNI AU yang berasal dari Tamtama, namanya Skuba (sekolah pembentukan bintara) untuk membentuk menjadi bintara yang kelak akan menjadi bintara TNI AU, dididik kurang lebih lima bulan dua minggu,” jelas B Juniar.

Tren minat generasi muda untuk mengikuti pendidikan tersebut dari tahun ke tahun terus meningkat, bahkan melampaui kuota. Para siswa bintara Skadik 402, tak hanya mendapatkan materi dasar tentang kemiliteran, namun mereka juga mendapatkan pembelajaran tentang siber hingga Artificial Intelligence atau AI.

 

#boyolali #tniau #bintara




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x