Kompas TV regional bali nusa tenggara

Update Gempa Bali Berkekuatan Magnitudo 4,9, BPBD Laporkan Kerusakan Ringan

Kompas.tv - 7 September 2024, 13:01 WIB
update-gempa-bali-berkekuatan-magnitudo-4-9-bpbd-laporkan-kerusakan-ringan
Ilustras: gempa (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 guncang Gianyar, Bali pagi tadi, Sabtu (7/9/2024) mengakibatkan setidaknya kerusakan ringan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Made Rentin dalam informasi awal.

Kerusakan ringan, tembok retak dan genteng jatuh terjadi di bangunan milik Dinas Pariwisata Gianyar.

“Seluruh kabupaten/kota merasakan getaran gempa cukup keras, saat ini sedang dalam proses pengecekan dampak yang terjadi, nihil informasi korban jiwa,” ujar Rentin, Sabtu, dikutip dari Tribun Bali.

Rentin mengatakan, saat ini tim sedang melakukan kajian cepat di kabupaten/kota untuk melihat dampak gempa bumi dangkal magnitudo 4,9 di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga: Gempa Bumi M4,9 Guncang Bali Pagi Ini, BMKG: Getaran hingga Lombok Barat

“Saat ini sedang dilakukan kaji cepat dan asesmen awal dengan mengumpulkan data dan informasi dari seluruh BPBD kabupaten/kota se-Bali,” kata Rentin.

Sementara itu, melansir Antara, laporan cepat juga masuk dari kawasan Pura Besakih, Karangasem, dimana getaran keras terasa namun tidak terjadi kerusakan.

Diketahui gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,9 yang berpusat di darat jarak dua kilometer timur laut Gianyar pada kedalaman 10 km itu terjadi pada pukul 08.51.44 Wita.

Catatan BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

Baca Juga: Mobil Bak Pengangkut Kayu Masuk Jurang, Hilang Kendali Akibat Kelebihan Muatan

Setelah getaran tersebut dilaporkan pula gempa susulan, namun dengan getaran ringan magnitudo 2,5 pukul 10.34.46 Wita, magnitudo 2,3 pukul 10.41.20 Wita, dan magnitudo 1,9 pukul 10.58.44 Wita.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x