Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Mandiri, Orang Tua Siswa Uji Coba Makan Siang Gratis

Kompas.tv - 6 September 2024, 12:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Uji coba makan siang bergizi gratis ini diinisiasi paguyuban orang tua siswa kelas 2B, SD Sampangan 01 Kota Semarang. Makanan bergizi ini hasil masakan orang tua siswa yang mememuhi unsur 4 sehat 5 sempurna, yakni nasi, sayur, lauk, buah, dan susu.

Uji coba makan bergizi disaksikan oleh Kepala Kelurahan Sampangan, kepala sekolah, dan koordinator satuan pendidikan (Korsatpen) setempat.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi ibu-ibu ini karena muncul ide-ide kreatif untuk mempersiapkan program makan siang bergizi gratis sebelum nanti dilaunching resmi oleh pemerintah pada tahun 2025,” ucap Viktor Wahyu Widianto, Lurah Sampangan.

“Tujuannya sudah barang tentu untuk mengatasi masalah gizi dan untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrim dan juga untuk meningkatkan intelegensi dan prestasi murid-murid dalam belajar,” sambungnya.

“Sebagai contoh untuk kelas yang lain, bahkan sekolah yang lain. Saya salut sekali untuk kreativitas ibu-ibu ini. (Banyak siswa) percobaan satu kelas, isinya 24 anak. (Pemenuhan nilai gizi) insya Allah, saya lihat ada unsur karbohidrat, sayur, buah, dan lauknya,” ujar Suparno, Korsatpen Gajah Mungkur.

Ketua paguyuban orang tua siswa kelas 2B SD Sampangan 01 Kota Semarang, menegaskan, makan siang bergizi gratis ini, hasil iuran orang tua sebagai bentuk kepedulian mencerdaskan generasi bangsa. Dengan pemenuhan makanan bergizi seimbang, akan membawa anak tumbuh normal, cerdas dan mencegah obesitas.

“Apresiasi dengan program pemerintah Prabowo-Gibran dengan program mereka nantinya, akan ada penerapan program makan siang gratis bergizi,” tutur Eka Aprilia Susanti, orang tua siswa.

“Jadi kita perwakilan dari kelas 2B mencoba (melihat) reaksi anak-anak itu bagaimana untuk makan siang gratis, yang sesuai dengan empat sehat lima sempurna dan budget yang akan pemerintah pakai,” tambahnya.

Pihak sekolah sendiri mengapresiasi kepedulian semua pihak termasuk orang tua siswa dalam upaya pemenuhan gizi seimbang siswa dab ikut mensukseskan program pemerintahan yang baru.

#makansiang #makansiangbergizigratis #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x