Kompas TV regional papua maluku

PPLH Segera Bentuk Forum Inventarisasi Gas Rumah Kaca di PBD

Kompas.tv - 3 September 2024, 18:56 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Forum inventarisasi gas rumah kaca  di Papua Barat Daya ini akan dibentuk oleh dinas lingkungan hidup kehutanan dan pertanahan, sebagai komitmen untuk mengatasi perubahan iklim akibat dampak gas rumah kaca. Forom ini akan melibatkan sejumlah dinas terkait seperti dinas pertanian, perhubungan, peternakan dan beberapa sektor lainnya, yang dirasa memiliki peran untuk menurunkan temperatur suhu bumi.

Dampak dari perubahan iklim akibat gas rumah kaca di Indonesia saat ini kenaikannya terjadi secara bertahap. Khususnya warga di pesisir yang mulai merasakan kenaikan permukaan air laut, yang dapat menyebabkan beberapa daerah bisa tenggelam. Hal ini juga dirasakan pada bidang pertanian yang kesulitan menentukan pola tanam.

Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia provinsi kabupaten dan kota, direktorat inventarisasi gas rumah kaca dan MPV bekerjasama dengan balai PPI wilayah Maluku dan Papua melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas inventarisasi gas rumah kaca dan penyusunan baseline emisi gas rumah kaca.

Diharapkan semakin banyak pihak bisa terlibat dalam pengarus utamaan perubahan iklim, dimana Indonesia telah berkomitmen untuk menetapkan target emisi 31,89 persen, sehingga kedepannya perlu dilakukan terobosan yang lebih banyak dalam pelaksanaan aksi mitigasi untuk perubahan iklim.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x