Kompas TV regional papua maluku

Fakfak Masuk Daerah Rawan Pilkada Berdasarkan Pemetaan Bawaslu Papua Barat

Kompas.tv - 3 September 2024, 18:51 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Dari hasil pemetaan, Bawaslu Provinsi Papua Barat mengatakan bahwa Kabupaten Fakfak masuk dalam kategori rawan pilkada sesuai tahapan yang sedang berjalan. Alasannya, potensi money politik disinyalir cukup tinggi pada tahapan pungut hitung.

Hal ini sesuai dengan hasil identifikasi dan laporan secara berjenjangan dari masing-masing kabupaten. Kondisi tersebut didasarkan pada 4 dimensi yaitu sosial politik, penyelenggara pemilu, kontestasi dan partisipasi.

Ada juga kabupaten lain yang tingkat kerawanannya berada pada level menengah atau sedang. Seperti Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, dan Kabupaten Teluk Wondama. Hal ini menjadi catatan kritis kepada seluruh stakeholder di Papua Barat, untuk bersama menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada pilkada serentak nanti.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dan peluncuran hasil pemetaan kerawanan, menjadi barometer bagi semua pihak dan penyelenggara pemilu, untuk berkolaborasi dalam memberikan edukasi politik secara masif kepada masyarakat.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x