Kompas TV regional berita daerah

Wabah Leptospirosis di Gorontalo Status KLB, 57 Kasus Positif dan 4 Meninggal

Kompas.tv - 3 September 2024, 13:04 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Wabah penyakit Leptospirosis menjadi wabah yang baru dan pertama kali menyebar di Gorontalo.

Penyebaran wabah ini pun diketahui terjadi sejak bulan Juni 2024 kemarin, saat sejumlah wilayah di Gorontalo terdampak banjir.

Wabah Leptospirosis sendiri merupakan penyakit yang ditularkan urin atau kotoran tikus yang terkontaminasi melalui mukosa atau bagian tubuh yang terbuka, seperti pori pori, bekas luka, mata maupun mulut.

Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo pun mengatakan, kini sudah terkonfirmasi ada sebanyak 57 kasus positif dari yang sebelumnya hanya berjumlah 53 kasus.

Sementara, hingga kini kasus kematian akibat wabah Leptospirosis ini masih berjumlah 4 kasus.

Penyebaran wabah Leptospirosis di Gorontalo ini pun telah ditetapkan dalam status kejadian luar biasa.

Dinas kesehatan juga telah melakukan pemeriksaan sampel tikus sebanyak 2 kali, bekerjasama dengan BLK Manado serta BLK Jakarta.

Terakhir, dinas kesehatan mengungkapkan dari 41 sampel yang periksa, 31 ekor tikus dinyatakan positif terpapar Leptospirosis.

Tak hanya ditularkan ke manusia, penyakit Leptospirosis ini pun dapat menular atau terjadi pada hewan ternak seperti sapi maupun hewan peliharaan lainnya, dengan gejala yang sama seperti pada manusia, yakni salah satunya kulit berwarna kuning.  

Dinas kesehatan pun mengungkapkan bahwa, gejala atau dampak dari terpaparnya wabah Leptospirosis ini dapat mengganggu sejumlah organ tubuh yang bisa membahayakan jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Mantan Pejabat di Pemprov Gorontalo Jadi Tersangka Kasus Penipuan Pembangunan Proyek SPBE di Boalemo

Meski tidak mengalami peningkatan kasus penyebaran yang Signifikan, dinas kesehatan pun menghimbau agar masyarakat dapat lebih waspada dan menjaga kebersihan lingkungan.

Hingga kini dinas kesehatan pun terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam pencegahan dan penanganan penyebaran wabah ini.

 

#leptospirosis

#dinkes

#gorontalo

#klb

 

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x