Kompas TV regional berita daerah

Tak Kunjung Tepati Janji, Warga Kabila Bone Blokade Akses Jalan Masuk Tambang Galian C

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:58 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Beginilah kondisi aliran sungai dan akses jalan yang berada di dusun Inengo Barat, Desa Huangobotu, Kecamatan Kabila Bone, Bone Bolango,

Banyak material pasir, bebatuan gunung hingga dahan pohon membuat aliran sungai semakin dangkal, dan melebar.

Akibatnya, banjir pun kerap melanda pemukiman warga, bahkan satu unit rumah warga rusak di bagian dapur akibat tergerus banjir.

Warga pun mengungkapkan, salah satu yang diduga menjadi penyebab kerap terjadinya banjir karena adanya aktivitas 2 perusahaan galian c di bagian hulu yang sudah beroperasi sejak 7 tahun silam.

Amarah warga pun kian memuncak saat pihak perusahaan yang dinilai tak kunjung merealisasikan apa yang telah dijanjikan kepada warga, yakni membangun tanggul atau bronjong di aliran sungai.

Untuk meluapkan kekecewaan, warga setempat terpaksa memblokade akses masuk menuju perusahaan yang dekat dengan rumah warga, menggunakan tali dan sejumlah kayu.

Warga menegaskan tidak akan membuka blokade jalan itu, sebelum pihak perusahaan bertanggung jawab dan merealisasikan apa yang telah dijanjikan.

Tak hanya itu, warga juga bilang bahwa kondisi aliran sungai saat ini sudah sangat parah dan membahayakan pemukiman warga ketika musim hujan.

Warga pun mengaku sudah kerap mengeluhkan kondisi yang ada kepada pihak pemerintah maupun perusahaan, namun hingga kini tak ada tindak lanjut yang jelas.

Upaya perusahaan yang melakukan pengerukan pun dinilai tidak menjadi solusi yang dapat mencegah banjir, terlebih material yang dikeruk hanya dipindahkan di pinggiran sungai.

Baca Juga: BMKG Kaji Sesar Aktif di Wilayah Gorontalo Demi Mitigasi Bencana

Mirisnya, warga pun mengatakan saat ini pihak perusahaan justru hendak mencari akses jalan lain dan membuat warga semakin geram karena pihak perusahaan yang dinilai lari dari tanggung jawab.

Pihak perusahaan juga dianggap acuh dengan kondisi aliran sungai dan jalan yang sudah rusak parah.

 

#galianc

#tambang

#warga

#blokadejalan

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x