Kompas TV regional berita daerah

BMKG Kaji Sesar Aktif di Wilayah Gorontalo Demi Mitigasi Bencana

Kompas.tv - 3 September 2024, 11:31 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO,KOMPAS.TV - Megathrust kini menjadi ancaman  nyata yang berpotensi terjadi  disebagian besar wilayah indonesia  tak terkecuali wilayah Gorontalo.  

Sebagai bentuk Mitigasi  , badan Meteorologi  Klimatologi dan Geofisika  yang dipimpin langsung Rahmat Triyono, kepala pusat penelitian dan pengembangan BMKG  memaparkan potensi dan ancaman Megathrust  langsung kepada Gubernur pada Senin siang 2 September 2024.

Berdasarkan pemaparan yang dilakukan, Triyono mengungkapkan bahwa, dilihat dari intensitas kegempahan yang terjadi diwilayah Gorontalo , kemungkinan  terjadi mega Megathrust  sangat kecil.  

Rahmat Triyonoi menyebut, justru yang perlu  menjadi perhatian adalah adanya sesar atau patahan  yang  ada disejumlah wilayah Gorontalo.

Untuk mengantisipasi terjadinya  terjadinya patahan besar yang  yang dikhawatirkan berdampak terhadap masyarakat , BMKG didukung sejumlah peneliti  dalam waktu dekat akan mengindetifikasi sekaligus melakukan kajian sesar aktif  diseluruh wilayah  Gorontalo.

BMKG dan tim peneliti  akan melakukan kajian diempat titik diwilayah Kecamatan Pulubala, satu titik di Desa Ilomata, dua titik di Desa Pilolalenga Bongomeme serta di Desa Tabongo, Desa Iluta. Semua lokasi tersebut berada di wilayah Kabupaten Gorontalo, dan satu titik di Kelurahan Donggala Kota Gorontalo. 

Baca Juga: Prospek Cuaca BMKG Sepekan, Mana Saja Wilayah yang Berpotensi Hujan Lebat 3-9 September 2024? 

Usai menerima pemaparan BMKG , penjabat Gubernur Gorontalo Rudi Salahuddin  menyebut akan menindak  lanjuti hasil riset yang dilakukan BMKG  sambil berkoordinasi dengan seluruh Stakeholder terkait, demi mematangkan langka langka mitigasi  yang bakal dilakukan kedepan.

Kajian sesar aktif diwilayah Gorontalo  dilakukan selain  memberikan peringatan kepada masyarakat, juga dilakukan  untuk dijadikan  dasar pada penetuan aturan tataruang pemerintah daerah.

Masyarakat diminta tidak perlu kuatir dengan ancaman ini , namun diminta tetap waspada , dan tetap mengikuti anjuran pemerintah jika suatu saat terjadi hal hal yang tidak di inginkan.

 

#bmkg

#megathrust 

#sesargorontalo

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x