Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Nona Kriwil, Boneka Lucu yang Banyak Diminati

Kompas.tv - 2 September 2024, 12:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Adalah Darum Santi, yang kini dikenal sebagai perajin boneka Nona Kriwil. Darum sebenarnya sejak 2017 telah bergelut dengan berbagai kerajinan tangan untuk dijual. Namun ternyata, dari banyak karyanya tersebut, yang paling digemari orang adalah boneka Nona Kriwil. Akhirnya, tahun 2019 dia memutuskan untuk fokus membuat boneka Nona Kriwil.

Semula, boneka ini diberikan aneka pakaian kasual hingga pakaian adat. Namun, sejak tahun 2022 ia memutuskan boneka Nona Kriwil ini mengenakan pakaian kebaya.

Penamaan Nona Kriwil sendiri tidaklah disengaja. Saat dirinya mengunggah boneka hasil buatannya itu untuk dijual di media sosial, banyak yang suka. Karena rambutnya yang kriwil atau keriting, banyak warganet yang menyebutnya boneka kriwil.

“Awalnya bikin boneka kasual denga baju kasual kemudian bikin boneka (dengan baju) adat, kemudian di tahun 2022 saya fokus di boneka kebaya,” ujar Darum.

“(Background pemberian nama) jadi waktu itu saya pertama bikin apa yang orang-orang nggak bikin. Kemudian kayanya boneka kriwil jarang yang bikin. Kemudian saya upload karya boneka kriwil, lalu di-notice sama teman-teman (dipanggil) boneka kriwil, ya sudah, saya pakai nama itu jadi Nona Kriwil” lanjutnya.

Kendala yang kerap dialami oleh Darum dalam membuat boneka motif baju adat adalah pernak-pernik pelengkap baju adat yang tidak semuanya tersedia di marketplace, sehingga ia harus berkreasi membuatnya sendiri.

Rata-rata dalam sebulan, perempuan yang sebelumnya adalah guru freelance sebuah sekolah dasar ini, bisa menjual antara 50 hingga 100 buah boneka, dengan omzet per bulan sekitar Rp 15 juta.

Boneka Nona Kriwil karyanya ini dijualnya pada kisaran Rp110.000 hingga Rp175.000, sesuai ukuran. Boneka nona kriwil ini dibuat dengan ukuran 12, 17, dan 20 cm.

#boneka #kerajinantangan #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x