Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jokowi Resmikan Gedung di RS Sardjito Senilai Ratusan Miliar: Kaget, Seperti Masuk Hotel Bintang 5

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 10:39 WIB
jokowi-resmikan-gedung-di-rs-sardjito-senilai-ratusan-miliar-kaget-seperti-masuk-hotel-bintang-5
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta, Rabu (28/8/2024) pagi. (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta, Rabu (28/8/2024) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala Negara mengapresiasi pembangunan gedung dengan 8 lantai yang mengabiskan anggara ratusan miliar tersebut.

"Saya mengapresiasi pembangunan gedung kesehatan ibu dan anak dari rumah sakit Sardjito ini, 8 lantai," kata Jokowi, dipantau dari Breaking News, Kompas TV.

"Menghabiskan anggaran Rp267 miliar gedungnya, peralatannya Rp240 miliar, plus untuk periapan SDM (sumber daya manusia, -red) Rp50 miliar."

Ia menyebut Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak tersebut dilengkapi peralatan yang serba modern.

"Tadi saya masuk melihat peralatan semuanya digital dan sangat modern. Ini saya kira akan menjadi contoh bagaimana manajemen sebuah rumah sakit yang semuanya digital," jelasnya.

Baca Juga: Jokowi ke Yogyakarta Hari Ini, Rencana Bermalam di Gedung Agung

Bahkan Presiden mengaku kaget saat memasuki gedung tersebut. Pasalnya Gedung Pelayananan Kesehatan Ibu dan Anak itu tak nampak seperti rumah sakit melainkan hotel bintang 5.

"Kalau kita masuk juga tidak seperti rumah sakit, seperti masuk hotel bintang 5. Bapak, ibu enggak percaya, nanti silakan masuk lihat sendiri, saya kaget," ucapnya.

Jokowi berharap Gedung Pelayananan Kesehatan Ibu dan Anak di RS Sardjito tersebut dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak di Tanah Air.

"Kita tahu kematian ibu di negara kita itu rangking ke-9 dari 10 negara di ASEAN. Kematian anak itu ranking ke-7 dari 10 negara di ASEAN, artinya sangat tinggi sekali," ujarnya.

"Kita harapkan dengan pembangunan rumah sakit ini pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak akan semakin baik, sehingga kematian ibu dan anak bisa kita kurangi, kita minimalisir sekecil mungkin."

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Jokowi Bicara soal Demo Kawal Putusan MK, Singgung DPR Segera Bereskan RUU Perampasan Aset


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x