Kompas TV regional sulawesi

Pengelolaan Sorgum Jadi Sumber Pangan Alternatif

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 12:25 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

BULUKUMBA, KOMPAS.TV - Tanaman sorgum memang belum terlalu familiar bagi sebagain orang. Meski jadi salah satu sumber pangan alternatif, nyatanya tamanan ini masih belum dikenal luas. Pengembangan sorgum pun terus di genjot, agar bisa jadi pangan altgernatif pengganti beras dan juga tepung terigu.

Sorgum, mungkin nama ini masih asing bagi sebagian orang. Tanaman serealia asal Afrika Timur ini, memang tak sepopulur beras atau gandum sebagai bahan pangan utama. Tanaman ini bisa jadi salah satu sumber pangan alternatif. Di Sulawesi Selatan, beberapa daerah mulai menanam sorgum meski masih jadi tanaman pendamping.

Sorgum sejatinya bisa diolah sebagai pengganti nasi atau bahan kue. Namun, masih minimnya pengetahuan warga, membuat tanaman ini masih belum bisa diolah menjadi berbagai bentuk panganan.

Sosialisasi sorgum sebagai bahan pangan alternatif pun masih terus dilakukan. Salah satunya bagi warga desa Tritiro, di kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Mereka tak hanya diperkenalkan soal manfaat sorgum tapi juga pemanfaatan dan pengelolaanya untuk berbagai kebutuhan.

Salah satu pelatihan yang diberikan adalah pengelolaah sorgum jadi tepung. Tepung sorgum tak hanya bisa di langsung di jual, tapi juga bisa di olah menjadi bahan pembuat kue yang punya cita rasa tersendiri dan tentu jauh lebih sehat.

Pengembangan sorgum di desa tritiro pun kini coba di tingkatkan. Melalui program skema pemberdayaan kemitraan masyarakat, kesadaran warga unutk kembali menggunakan potensi pangan lokal mulai didorong, agar bisa lebih variatif dan jadi peluang sumber pendapatan baru warga setempat.

Sumber pangan alternatif sejatinya banyak di temukan, namun belum sepenuhnya bisa diolah dengan berbagai alasan, termasuk masih minimnya pemahaman warga. Edukasi sosialisasai dan dukungan, bisa jadi salah satu jalan, agar pangan lokal bisa lebih dikembangkan baik untuk komsumsi atau pelaung usaha.

#sorgum

#sumberpangan

#alternatif




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x