Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Upaya Pemprov Jateng Hadapi Kekeringan

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 10:52 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah seperti Kabupaten Grobogan, Wonogiri, dan beberapa wilayah lainnya sudah mulai mengalami kekurangan air bersih. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui BPBD kabupaten/kota menyalurkan bantuan air bersih ke masyarakat yang terdampak.

Sementara itu, untuk masalah pengairan pertanian, pemerintah telah menyalurkan bantuan 3.450 mesin pompa air untuk daerah-daerah yang mulai kesulitan air untuk pertanian. Bantuan ini diharapkan mampu membantu petani dalam mengolah lahannya.

“Terkait dengan kekeringan, kami mendapatkan 3.450 pompa yang sudah kami sebar ke kabupaten-kabupaten dan kota madya. Dengan ini diharapkan meskipun menghadapi kekeringan mereka masih bisa menanam padi,” jelas Nana Sudjana, PJ Gubernur Jawa Tengah.

“Kemudian kita ada BPBD yang menangani terkait dengan masalah kekeringan untuk membantu masyarakat dalam masalah kekeringan dan kita mensuplai air bersih,” tambahnya.

Selain  mengantisipasi kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari serta pertanian. Pemerintah Provinsi Jateng juga mengimbau kepada kabupaten dan kota untuk mengantisipasi kebakaran pada tempat pembuangan akhir sampah (TPA) yang kerap terjadi pada musim kemarau.

#kekeringan #jateng #nanasudjana




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x