Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Usai Putusan MK, NasDem Jateng Siapkan Skenario Lain untuk Pilkada 2024

Kompas.tv - 21 Agustus 2024, 16:47 WIB
usai-putusan-mk-nasdem-jateng-siapkan-skenario-lain-untuk-pilkada-2024
Ketua Badan Pemenagnan Pemilu (Bappilu) DPW Partai NasDem Jawa Tengah, Fadholi. (Sumber: Kompas.com/Dian Ade Permana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

SEMARANG, KOMPAS.TV - Partai NasDem menyiapkan skenario lain di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah (Jateng) 2024 pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait syarat batas usia kandidat.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW Nasdem Jateng Fadholi, Rabu (21/8/2024).

"Parpol tidak akan berani melawan putusan MK, karena putusan MK final dan mengikat, ya nanti kita lihat. Kita tidak sepihak, harus dengan parpol koalisi," ujarnya, dikutip Kompas.com.

Diketahui, Partai NasDem telah mengumumkan untuk mengusung Irjen Kemendag Ahmad Luthfi dan Ketum PSI Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Jateng 2024.

Baca Juga: Ganjar soal Putusan MK: PDIP Siap dengan Semua Skenario

"(Nasdem) Jateng sudah sepakat bahwa kita memutuskan memberikan rekom dan mengusung pak luthfi dam pak kaesang, itu udah diputuskan seminggu lalu. Cuma kemarin baru kami sampaikan," jelasnya.

Dengan adanya putusan MK tersebut, Kaesang yang belum genap berusia 30 tahun itu terancam tidak bisa maju di Pilkada Jateng.

Meski belum menjelaskan tentang figur lain yang kemungkinan dapat menggantikan Kaesang bila terhambat syarat usia, Fadholi mengaku telah ada nama yang dipertimbangkan.

Dia memastikan langkah yang diambil nantinya mengikuti keputusan bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Jateng.

"Nanti akan kita sampaikan dalam rapat koalisi. Sejauh ini, nama ada, tapi tidak dipublish karena harus dirembug dulu dengan partai koalisi. Pasti menyiapkan beberapa skenario bersama partai koalisi lain, tidak sendirian," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, DPP Partai Nasdem memberikan surat rekomendasi dukungan kepada Ahmad Lutfi dan Kaesang Pangarep sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jateng 2024.

Baca Juga: Istana Respons Putusan MK No 60: Nggak Ada Sikap Selain Menghormati Putusan MK

“Atas nama Ketua Umum Partai Nasdem, Bapak Surya Paloh hari ini, Senin, secara resmi kami dari Partai Nasdem menyerahkan surat keputusan,” kata Dewan Pertimbangan Wilayah atau DPW Nasdem Jateng, HM Prasetyo.

Surat itu diberikan pada Ahmad Lutfi di Nasdem Tower, Menteng, Gondangdia, Jakarta, Senin (19/8/2024).




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x