Kompas TV regional bali nusa tenggara

Tim KPK Sidak ke Gili Trawangan, Ada Apa?

Kompas.tv - 18 Agustus 2024, 23:40 WIB
tim-kpk-sidak-ke-gili-trawangan-ada-apa
Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi pengeboran pipa bawah laut milik PT Tiara Cipta Nirwana (TCN) di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu (18/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Rombongan tim dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Gili Trawangan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, pada Minggu (18/8/2024).

Mereka dipimpin Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah V KPK, Dian Patria yang disertai pula tim Korsup KPK dan Pemprov NTB.

Pada inspeksi mendadak (sidak) itu, tim KPK melakukan penelusuran sejumlah kasus pelanggaran hukum dugaan tindak pidana korupsi.

Di antaranya soal pengeboran dan pengelolaan air bersih di wilayah konservasi laut di Gili Trawangan, Meno, dan Air (Tramena) oleh PT Tiara Cipta Nirwana (TCN) yang bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Amerta Dayan Gunung. 

Baca Juga: Pekan Ini, Gili Trawangan yang Mendunia Itu Terancam Kehilangan Akses Air Bersih

Penelusuran juga dilakukan dengan berdiskusi langsung bersama sejumlah warga masyarakat.

Tim KPK juga mendatangi lokasi pengeboran pipa bawah laut milik PT TCN di bagian utara Gili Trawangan.

Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipimpin oleh Kasatgas Koordinasi dan Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria (paling kiri) melakukan diskusi dengan sejumlah warga masyarakat terkait kasus pelanggaran hukum dugaan tindak pidana korupsi di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu (18/8/2024). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Adapun sebelumnya, krisis air bersih melanda Gili Trawangan pada bulan Juni lalu.

Selama sekitar seminggu, pasokan air bersih ke seantero Gili Trawangan diputus karena PT TCN tidak memiliki izin pengeboran pipa bawah laut.

Aktivitas pengeboran pipa bawah laut ini dilaporkan telah menimbulkan kerusakan lingkungan berupa rusaknya terumbu karang seluas 1.660 meter persegi.

Sehari sebelumnya, pada Sabtu (17/8), tim KPK juga melakukan inspeksi ke Gili Meno, pulau kecil yang terletak di antara Gili Trawangan dan Gili Air.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x